Ribuan masyarakat Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang tersebar di empat mukim dalam wilayah tersebut melaksanakan shalat minta hujan (istisqa), Kamis.

Masyarakat yang hadir di halaman depan Masjid Al Islah Lhoknga tersebut,  terlihat khusuk dan larut dalam rangkaian ibadah shalat dan doa serta khutbah shalat istisqa yang sampaikan Pimpinan Dayah Budi Raja Lhoknga Tgk Muhammad Fauzi.

"Ibadah yang kita lakukan bersama ini merupakan bagian mengharap ridha Allah agar daerah kita yang dilanda kekeringan ini segera diturunkan hujan," kata Tgk Muhammad Fauzi yang juga menjadi imam shalat Istisqa tersebut

Ia menjelaskan Allah akan mencabut keberkahan sebuah wilayah apabila umat tersebut  meninggalkan shalat dan ada sifat dengki, iri,  mencela dan menabur fitnah.

"Mari kita bersama-sama introspeksi diri dengan memperbaiki amal ibadah, bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga Allah kabulkan doa kita bersama," katanya.

Baca juga: Siaga Darurat Kekeringan Aceh Besar, TM Zulfikar: Perbaiki karst di wilayah Lhoknga

Dalam khutbah tersebut ia juga mengajak masyarakat di kemukiman Lhoknga khususnya dan Aceh Besar umumnya untuk memperbanyak zikir dan istiqfar.

Sebelumnya Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar mengatakan sebelum melaksanakan shalat Istisqa warga di Lhoknga melaksanakan puasa sunnah selama tiga hari sebagai upaya memohon kepada Allah SWT agar daerah yang dilanda darurat kekeringan tersebut segera turun hujan.

“Puasa sunnah selama tiga hari dan dilanjutkan shalat Istisqa pada Kamis di halaman masjid merupakan keputusan bersama sebagai bagian berdoa kepada Allah agar kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga khususnya dapat segera berakhir,” kata Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar di Lhoknga.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan puasa sunnah Mukim Lhoknga khususnya dan bersama empat mukim lainnya dalam Kecamatan Lhoknga telah mengeluarkan imbauan bersama kepada masyarakat agar melaksanakan keputusan bersama tersebut.

Baca juga: Warga Aceh Besar puasa untuk minta hujan antisipasi darurat kekeringan

Adapun imbauan yang diterbitkan di antaranya melaksanakan puasa sunnah istisqa selama tiga hari berturut-turut, menutup warung kopi selama masyarakat melaksanakan puasa istisqa, dan melaksanakan Shalat minta hujan pada Kamis (18/7) di lapangan samping Masjid Al Islah Lhoknga.

Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar memiliki empat mukim yakni Lhoknga, Lampuuk, Kueh dan Lamlhom. Adapun jumlah gampong sebanyak 28 desa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar memberlakukan status Siaga Darurat Bencana Kekeringan di Aceh Besar khususnya Kecamatan Lhoknga.

Baca juga: BPBA sebut 945.500 liter air telah tersalurkan bantu kekeringan Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024