Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh, melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati bagi siswa-siswi di SMA Negeri 1 Seunagan, Kabupaten Nagan Raya.

“Sosialisasi pemilih pemula ini dilakukan agar pemilih pemula dapat menggunakan hak pilih secara cerdas dalam memilih pemimpin pada Pilkada 2024,” kata Komisioner KIP Aceh, Khairunnisa di Nagan Raya, Rabu.

Menurutnya, sosialisasi ini diikuti oleh 80 orang siswa SMA Negeri 1 Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Khairunnisa mengatakan tujuan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan keikutsertaan pemilih pemula dalam memilih calon kepala daerah, demi terpilihnya pemimpin berkualitas terutama di Nagan Raya dan Aceh khususnya.

"Anak-anak sebagai pemilih cerdas, supaya bisa menggunakan pilihannya untuk memilih pemimpin di Pilkada mendatang," kata Khairunnisa.

Komisioner KIP Aceh, Ahmad Mirza menyampaikan agar memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani tanpa paksaan.

"Karena baik buruknya pemimpin masa depan tergantung pada kecerdasan pemilih dan partisipasi dalam menentukan pilihannya," katanya.

Mirza mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mencerdaskan generasi muda dalam mengawal pemilu sehingga berjalan secara demokratis, jujur dan adil.

Banta Diman selaku akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara, Kabupaten Nagan Raya dalam materi nya menyebutkan sosialisasi ini merupakan sarana memilih pemimpin di masa depan.

"Sosialisasi dengan harapan pemilih pemula menggunakan hak pilihnya di Pilkada 2024," jelasnya.

Menurutnya, pemilih yang cerdas terutama pemilih pemula sangat dibutuhkan untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Ketua KIP Nagan Raya, Danda Runtala dalam sambutannya mengucapkan berterima kasih kepada KIP Aceh yang telah memilih Kabupaten Nagan Raya sebagai tempat sosialisasi bagi pemilih pemula.

Ia juga mengapresiasi siswa-siswi SMA Negeri 1 Seunagan, Nagan Raya yang ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Alasan Aliansi Gen-Z dorong Tu Sop maju di Pilkada Aceh 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024