Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sekretaris Daerah Aceh Dermawan mengajak aparatur sipil negara (ASN) yang akan memasuki masa purnabakti agar  berwirausaha sebagai pengganti aktivitas kerja yang selama ini dilakoni.

"Sangat penting bagi setiap ASN yang akan memasuki masa pensiun untuk mengikuti bimbingan teknis dalam rangka mempersiapkan diri   agar bisa menjalankan kegiatan wirausaha dengan baik," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Sekda Aceh dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Kamaruddin Andalah saat membuka Bimtek dan  Pelatihan  Kewirausahaan  bagi ASN di Lingkup SKPA yang   akan  memasuki masa Purnatugas.

Ia menjelaskan bimbingan teknis tersebut merupakan bagian dari upaya mencari peluang dan merencanakan berbagai kegiatan bagi para Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki masa pensiun.

"Pada masa Purnabakti itu, jumlah pensiunan tidak sama dengan gaji ketika aktif sebagai ASN, untuk itu ASN diharapkan dapat beraktivitas   dalam  bidang-bidang lain, seperti bertani, berdagang dan mengembangkan hobi yang mampu menambah pengjasilan keluarga," katanya.

Dermawan berharap melalui Bimtek tersebut, para ASN yang akan memasuki masa Purnabakti mendapatkan   pengetahuan tentang   kewirausahaan dan menjadi bekal dalam menjalankan kehidupan di tengah-tengah masyarakat nantinya.

Pihaknya meyakini dengan adanya program yang dilakukan tersebut akan menjadi modal awal bagi pensiunan untuk memulai usaha baru sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017