Dua ribuan siswa di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar melaksanakan shalat Istisqa atau shalat minta hujan yang di pusatkan di Lapangan sepak bola Carlos kecamatan setempat sebagai upaya bermunajat kepada Allah.

Para siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Kecamatan Lhoknga terlihat khusuk dan sangat antusias melaksanakan doa bersama dan shalat Istisqa yang di gelar keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar di Lapangan bola kaki Carlos. Di mana sebelum pelaksanaan shalat berlangsung kawasan tersebut sempat diguyur hujan.

“Shalat Istisqa yang digelar keluarga besar Disdikbud Aceh Besar dengan melibatkan peserta didik dan dewan guru ini merupakan bagian berharap agar hujan segera turun dan musibah kekeringan ini segera berakhir,” kata Kadisdikbud Aceh Besar Bahrul Jamil di Lhoknga, Selasa.

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus berupaya maksimal untuk menangani musibah kekeringan tersebut seperti mendistribusikan air bersih ke daerah terdampak bencana dan termasuk melibatkan peserta didik melaksanakan shalat Istisqa.

Menurut dia dengan keikutsertaan para peserta didik yang berasal dari jenjang SMA, SMP/sederajat dan SD serta mandrasah ibtidaiyah tersebut dapat segera diijabah oleh Allah SWT.

Baca: Ratusan pelajar di Aceh Barat shalat Istisqa minta hujan

Ia mengatakan dalam pelaksanaan keluarga besar Disdikbubd Aceh Besar tersebut yang terdiri siswa dari tingkat SMP dan SD juga ikut serta peserta didik dari SMA dan di lingkungan kementerian agama.

Pihaknya berharap dengan doa yang dilantunkan para siswa tersebut hujan dapat segera turun di Lhoknga dan musibah kekeringan yang melanda kawasan tersebut dapat segera berakhir.

Doa bersama dan shalat Istisqa yang digelar keluarga besar Disdikbud Kabupaten Aceh Besar dipimpin langsung pimpinan Dayah Budi Raja Lhoknga Tgk Muhammad Fauzi.

Dalam kesempatan tersebut tgk Muhammad Fauzi berpesan kepada siswa-siswa di kecamatan Lhoknga khususnya dan Aceh Besar umumnya untuk meningkat ketaqwaan kepada Allah SWT dengan tidak meninggalkan shalat fardhu.

“Mari kita untuk terus mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan shalat lima waktu dan tidak pernah meninggalkan perintah Allah tersebut,” katanya.

Baca: Siaga bencana kekeringan Aceh Besar, ribuan warga Lhoknga shalat minta hujan
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024