Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar menyatakan hingga saat ini belum menerima dampak dari gempa berkekuatan 4,4 magnitudo yang berpusat di 12 Km barat Laut Jantho-Aceh Besar.

“Informasi yang kami terima hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa dari gempa yang terjadi sekitar pukul 20.04 WIB dengan kedalaman 2 KM,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil di Simpang Tiga, Selasa.

BMKG mencatat gempa berkekuatan 4.4 Magnitudo tersebut terletak pada koordinat 5.29° LU dan 95.51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Barat Laut Jantho-Aceh Besar.

Ia mengatakan berdasarkan laporan gempa yang berpusat di kawasan Jantho tersebut dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin mengatakan gempa yang terjadi sekitar pukul 20:04:38 WIB ikut dirasakan warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central.

Menurut dia hasil monitoring BMKG gempa susulan terjadi dua kali yakni dengan kekuatan 4,0 Magnitudo dan 2,7 Magnitudo

Ia berharap kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024