Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Aceh Besar menyatakan terus menggencarkan edukasi gemar makan ikan di kalangan masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi anak khususnya dan masyarakat umumnya.

“Ikan merupakan sumber zat gizi yang paling tinggi salah satunya protein dan omega 3 yang sangat mudah kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Forikan Aceh Besar Cut Rezky Handayani di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan salah satu langkah untuk meningkatkan gemar makan ikan kepada masyarakat adalah dengan melibatkan para kader Posyandu di seluruh gampong dalam kabupaten setempat dalam memberikan pemahaman secara menyeluruh akan manfaat dan pentingnya mengkonsumsi ikan dalam sehari-hari.

“Kita juga terus gencarkan sosialisasi dan mengadakan lomba masak serba ikan yang tak lain adalah bagian untuk menyajikan ikan dalam beragam menu sehingga anak-anak khususnya tertarik untuk makan ikan,” katanya.

Baca: DKP Aceh bagikan 7,5 ton ikan segar untuk pencegahan stunting dan inflasi

Ia mencontohkan ikan kembung memiliki nilai gizi tinggi dan harganya sangat terjangkau. Omega 3 di ikan kembung kurang lebih dalam 100 gram ada 5, 13 MG, protein ikan kembung cukup tinggi dalam 100 gram 21, 3 gram.

“Alhamdulillah Aceh Besar merupakan daerah pesisir yang tentu merupakan kawasan penghasil ikan. Jadi tidak ada alasan bagi kita susah mendapatkan ikan yang akan di konsumsi sehari-hari,” kata.

Cut Rezky Handayani yang juga Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh Besar mengatakan dengan edukasi yang dilakukan secara berkelanjutan dan keterlibatan semua pihak tekat gemar makan ikan di masyarakat dan anak khususnya akan tercapai.

“Mari kita bersama-sama terus menggelorakan kepada seluruh masyarakat dan orang tua khususnya agar anak-anak gemar makan ikan guna mendukung pertumbuhan dan kecerdasan generasi Aceh Besar di masa mendatang,” demikian Cut Rezky Handayani.

Baca: DKP minta nelayan Aceh jaga kualitas tangkapan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024