Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukhlis Basyah dan Tgk M Jazuli resmi mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar dan bertekad membangun kabupaten itu dengan kebersamaan.

“Kami telah menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan dan tentu kami berharap semua masyarakat dapat memberikan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin 2025-2030 mendatang,” kata bakal calon Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah di Jantho, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan berkas pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Muhklis Basyah dan Tgk M Jazuli atau disebut Adun-Abati (ADAB) yang diterima langsung Ketua KIP Aceh T Khairun Salim di Jantho.

Sebelum bergerak ke KIP Aceh Besar pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukhlis Basyah dan Tgk M Jazuli menyampaikan orasinya kepada ribuan pendukungnya yang berkumpul di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho.

Mereka bergerak ke Kantor KIP Aceh dengan berjalan kaki bersama ribuan pendukung,  dari berbagai kecamatan, partai pengusung dan turut diiringi rapai serta lantunan shalawat dan hikayat perang sabi.

“Kami siap membawa perubahan untuk Aceh Besar dan membangun kabupaten ini dengan kebersamaan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan pasangan tersebut akan fokus pada sektor pertanian salah satunya membangun irigasi yang representatif di seluruh daerah dengan memanfaatkan sumber air yang ada.

“Kami juga siap menerima masukan dan saran untuk membangun Aceh Besar yang lebih baik di masa mendatang,” katanya.

Pasangan ADAB diusung oleh partai koalisi yakni Partai Aceh (PA), Partai Demokrat, NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Gerindra, Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Hanura, PDI-P dan Partai Sira.

Ketua KIP Aceh Besar T Khairun Salim menyampaikan terima kasih kepada pasangan bakal calon Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukhlis Basyah dan Tgk M Jazuli yang telah mendaftar dan mengantarkan berkas secara fisik kepada KIP Aceh Besar.

“Kami sampaikan bahwa berdasarkan informasi dari sekretariat berkas pendaftaran pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukhlis Basyah dan Tgk M Jazuli dinyatakan lengkap,” katanya.

Ia menjelaskan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2024 yang telah mendaftar tersebut akan melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu tes kesehatan pada tanggal 31 Agustus sampai 2 September 2024 di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin.

Ketua KIP Aceh Besar yang turut didampingi komisioner lainnya A Rahmat Adi, Miswar, Agus Samsidi dan Mahyar Tasnim serta Sekretaris KIP Aceh Besar, Chairil Anwar mengatakan pasangan bakal calon nantinya juga akan mengiktui tes uji mampu baca Al Qur'an yang dijadwalkan pada 4 September 2024 di Masjid Agung Al-Munawwarah, Kota Jantho.

Ia menyebutkan hingga saat ini sudah ada tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke KIP Aceh Besar. Di mana sebelumnya pasangan bakal calon dari jalur perseorangan Muharram Idris dan Syukri A. Jalil dan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Musannif-Sanusi Hasyim.

 

Baca juga: KIP Banda Aceh terima pendaftaran calon independen Chek Zainal-Mulia

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024