Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menempatkan enam unit mobil ambulans baru di enam lokasi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang ada dalam wilayah kabupaten itu.

 “Ambulans tersebut akan kita fungsikan untuk mendukung kelancaran operasional PON  XXI di Aceh Besar,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto di Blang Bintang, Selasa.

Ia menjelaskan jumlah ambulans yang ditempatkan untuk mendukung tenaga medis dalam melakukan penanganan kesehatan tersebut di sesuaikan dengan jumlah venue serta cabang olahraga PON yang dipertandingkan di Aceh Besar.

Kabupaten Aceh Besar menjadi tuan rumah untuk enam cabang olahraga yakni  yakni kurash, menembak, dayung, terjun payung, selancar, dan paralayang.

Ia mengatakan ambulans yang akan standby di venue dalam wilayah Aceh Besar tersebut dilengkapi dengan staf medis, obat obatan penanganan perdana dan kelengkapan siaga kedaruratan lainnya.

Pemkab Aceh Besar akan memberikan dukungan secara maksimal untuk menyukseskan perhelatan event olahraga tingkat nasional yang berlangsung di Aceh Besar khususnya dan Aceh umumnya.

“Kita akan siagakan staf medis dan paramedis di lokasi venue, sebagai tindakan jaga jaga, termasuk pada lokasi lokasi pendaratan olahraga terjun payung dan paralayang yang rawan terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Kita sudah instruksikan jajaran Pemkab Aceh Besar agar dukungan layanan medis itu selesai sebelum cabang olahraga dipertandingkan,” katanya.

Ia menambahkan enam unit armada ambulans tersebut nantinya akan difungsikan kembali untuk layanan reguler di bawah kendali Dinkes Aceh Besar usai pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024