Tim basket 5x5 putra Jawa Timur dipastikan melaju ke babak semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024 usai menumbangkan Sulawesi Selatan dengan skor 65-54 poin di Gor Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis malam.

Pada kuarter pertama Tim Jawa Timur yang berhadapan dengan tim yang telah mengalahkan tim kuat dalam yang tergabung dalam grup A tersebut terlihat sedikit kewalahan.

Mereka mencoba memanfaatkan kesempatan yang tersedia untuk melakukan tembakan ke ring anak asuh Jamin Mottotoran tersebut. Mereka juga menjaga ketat pemain lawan sesuai dengan arahan dari sang pelatih sehingga pada laga akhir kuarter pertama angka yang tercetak 15-12 poin.

Dengan angka yang tidak terpaut jauh Anto Febrianto dan kawan-kawan juga terus menggencarkan serangan ke lini dalam anak-anak Surabaya tersebut dan ada beberapa kesempatan yang gagal mereka manfaatkan sehingga mereka harus puas dengan skor akhir kuarter kedua 30-24 poin.

Pertandingan di kuarter ketiga permainan semakin sengit, kedua tim saling serang dan mempertahankan lini dalamnya. Mereka saling menjaga pemain yang menjadi andalan masing-masing terutama yang banyak melakukan rebounds.

Daniel William Tunasey dan kawan-kawan terlihat  menjaga dengan ketat gerak capten Sulsel agar tidak bisa mencetak banyak poin pada laga ketiga mereka di babak penyisihan pool A tersebut.

Tim Jawa Timur akhirnya berhasil menutup kemenangan pada kuarter ketiga sehingga tim Makassar harus kembali menerima kekalahan 39-36 poin.

Usai istirahat pada babak terakhir yang menjadi penentu dalam kuarter keempat tersebut, Anto dan kawan-kawan melakukan serangan balasan ke Jawa Timur dan mereka juga sempat mengalami kewalahan untuk menembus sisi dalam Jatim.

Anak-anak Jatim yang telah menguasai jalannya pertandingan dengan ikut menjaga gerak sang capten Sulsel tersebut mendapat kesempatan dengan mudah untuk mencetak poin saat Tim Sulsel lengah di sisi pertahanan.

Muhammad Iqbal menjadi penutup kemenangan Tim Jawa Timur di menit-menit akhir dengan membukukan skor akhir pada kuarter keempat 65-54 poin. Mereka terlihat puas atas pencapaian akhir tersebut.

Aven Ryan menjadi pemain yang andil bagian dalam pertandingan Jatim melawan Sulsel tersebut dengan berhasil mencetak 11 poin dan tercatat memiliki performa terbaik dalam pertandingan tersebut.

Tim yang tidak pernah terkalahkan dalam pool A tersebut akan berhadapan dengan DKI Jakarta. Sementara Sulsel telah menuntaskan seluruh pertandingan dengan mencatat dua kali menang dan dua kali kalah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024