Ulama kharismatik Aceh yang juga bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau akrab disapa Tu Sop akan dikebumikan di samping makam putranya di Komplek Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunib, Kabupaten Bireuen.

Salah satu orang terdekat Tu Sop Verri Al-Buchari di Bireuen, menyebut makam untuk Tu Sop tersebut sudah disiapkan sejak sore, oleh warga dan santri setempat. 

"Insya Allah jenazah Ayah Sop (8/9) besok pagi dikebumikan sekitar pukul 09.00 WIB," katanya. 

Baca juga: Jenazah Tu Sop dibawa ke Aceh dengan pesawat Garuda, begini detilnya

Pantauan Antara, liang lahat untuk Tu Sop disiapkan di lokasi pemakaman keluarga. Ada empat makam di lokasi itu, yakni makam kedua orang tua Tu Sop, makam istri pertama dan makam anak keempat Tu Sop, Tgk Suhaimi yang meninggal pada Desember 2023 lalu.

Liang lahat Tu Sop persis berada di sisi kiri makam mendiang Tgk Suhaimi.

Para pelayat mulai ramai berdatangan sejak siang di rumah duka, Komplek Dayah Babussalah Al-Aziziyah, Gampong Blang Mee Barat, Jeunib.

Jenazah tiba dari Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar sekitar pukul 19.47 WIB.

Setelah itu, jenazah langsung dibawa ke Masjid Raya Baiturrahman untuk dishalatkan oleh unsur Pemerintah Aceh dan warga Banda Aceh. 

Turut hadir Pj Gubernur Aceh Safrizal, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk Faisal Ali,
unsur satuan kerja perangkat Aceh (SKPA) sertaBustami Hamzah yang merupakan bakal Calon Gubernur Aceh yang berpasangan dengan Tu Sop.

Hingga berita ini diturunkan, jenazah Tu Sop masih dalam perjalanan dari Banda Aceh menuju rumah duka. Masyarakat dari berbagai daerah terus berdatangan untuk melayat.

Baca juga: Tu Sop wafat, Bustami harus usulkan pengganti sebelum tanggal ini

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024