Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 584 Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari 22 Kabupaten/Kota di Aceh (kecuali Kabupaten Aceh Jaya), akan mengikuti ujian sertifikasi.
     
Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Dr M Yani di Banda Aceh, Rabu mengatakan seluruh penyuluh tersebut akan mengikuti ujian sertifikasi yang dimulai dari 7 sampai 12 Agustus yang berlangsung di Darussalam, Banda Aceh.
    
Ia menjelaskan ujian sertifikasi tersebut sesuai amanat Undang undang Nomor 23 Tahun 2014 dan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, di mana setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Penyuluh KKBPK dari Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat, BKKBN mempunyai kewajiban untuk melakukan uji kompetensi. 
    
"Kompetensi untuk melihat sejauh mana wawasan dan pengetahuan yang dimiliki penyuluh KKBPK dan nantinya kita akan melatihnya kembali,” katanya.
    
Ia menjelaskan penyuluh KKBPK harus memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga nanti dapat bekerja maksimal, terutama dalam memberikan penyuluhan kepada kampung KB.

Penyuluh harus memberikan perhatian serius kepada Kampung, begitu Kampung KB di launching maka harus dimonitor dan dipantau, supaya bisa berjalan efektif program KKBPK  dan sasaran program ke arah keluarga bukan lagi pasangan usia subur," katanya.
    
Ia menambahkan, Perwakilan BKKBN Aceh  juga melibatkan mahasiswa KKN Tematik Unsyiah di Aceh Tengah dalam proses pembentukan Kampung KB, serta menyampaikan program KKBPK kepada masyarakat di tempat tersebut. 
    
"Mahasiswa KKN Tematik dalam menjalankan tugas pemerintah dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat dan melakukan pembentukan Kampung KB dan Pojok kependudukan di daerah," katanya.
    
Sebelumnya Sekretaris Utama BKKBN RI, H Nofrijal mengataka penyuluh harus menguasai dengan baik program KKBPK, sehingga akan memudahkan mensosialisasikannya kepada masyarakat.
    
Kabid ADPIN Perwakilan BKKBN Aceh, Faridah menambahkan, uji kopetensi dilakukan bersama Universitas Syiah Kuala.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017