Atlet selam Aceh Annuar berhasil menambah perolehan medali emas bagi tuan rumah Aceh dari cabang olahraga selam laut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, yang berlangsung di Pelabuhan CT 1 BKPS, Kota Sabang.

Putra asli Sabang itu berhasil mengunci kemenangan nomor 5 point course putra setelah finis dengan catatan waktu tercepat dan meraih nilai tertinggi yakni 1.587 sehingga berhak mendapatkan medali emas PON XXI.

Annuar unggul dari wakil Lampung Nurrohman di posisi kedua dengan total nilai 1.557 sekaligus berhak membawa pulang perak dan medali perunggu diraih oleh penyelam Papua Veri Dwi Irjayanto setelah mengumpulkan total nilai 1.531.

“Alhamdulillah saya sangat senang, bangga, karena ini PON perdana saya dan medali perdana saya,” kata Annuar di sela-sela upacara penghargaan pemenang (UPP) di Pelabuhan Kota Sabang, Rabu.

Pertandingan nomor 5 point course tersebut berlangsung pada Senin (16/9) lalu, bersamaan dengan nomor M course putri. Hanya saja, hasil dari pertandingan nomor ini belum dapat diumumkan pada hari itu lantaran belum ada hasil final.

Pelatih Annuar, Absentinus Sembiring mengatakan dirinya merasa sangat bangga dengan pencapaian anak didiknya tersebut. Bahkan pencapian catatan waktu Annuar dalam menyelesaikan perlombaan pada PON XXI melampaui catatan waktu terbaiknya yang dicetak saat menjadi atlet.

“Annuar memecahkan rekor saya sendiri, tapi yang sudah lama, PON sebelum-sebelumnya. Saya 11 menit 37 detik dan Annuar 10 menit 42 detik,” ujarnya.

Ia mengatakan Annuar sudah memiliki dasar dalam dunia selam. Dirinya melatih Annuar dalam pemusatan latihan di Sabang dalam tiga bulan terakhir. Program latihan yang diberikan kepada Annuar juga dapat diterapkan dengan baik sehingga meraih prestasi.

“Annuar ini dasarnya memang sudah ada, tinggal saya poles saja. Tapi memang ada program yang belum dia dapatkan maka kami masukkan, ternyata program yang kami berikan itu tercapai dengan baik,” ujarnya.

Selain Annuar, atlet Aceh Eka Resdianto juga menyumbang medali perak untuk Aceh dari selam nomor M course putra setelah meraih total poin 907. Eka unggul dari wakil DKI Jakarta Rokhandi Yusuf yang meraih perunggu, dan berada di bawah wakil Jawa Tengah Andi Junaidi yang meraih medali emas.

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024