Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli bahaya narkoba guna memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba," kata Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Eldi Azwar di Banda Aceh, Rabu.

Jenderal bintang satu Polri itu menyebutkan, tidak ada satu pun wilayah di Indonesia yang saat ini terbebas narkoba. Karena itu, dibutuhkan peran serta masyarakat memberantasnya.

Brigjen Pol Eldi Azwar mengatakan, perkembangan masalah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba sekarang ini menunjukkan peningkatan signifikan.

Berdasarkan penelitian BNN dan Puslitkes UI pada 2016, kata dia, prevalensi penyalahgunaan narkoba secara nasional sebesar 2,21 persen. Atau setara dengan jumlah 4,17 juta lebih penduduk Indonesia pada usia 10 hingga 59 tahun.

"Jumlah pencandu atau korban penyalahgunaan narkoba telah tersebar ke seluruh lapisan lapisan masyarakat. Artinya, tidak satu pun wilayah yang terbebas narkoba," kata dia.

Brigjen Pol Eldi Azwar menyebutkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika mengamanahkan peran serta masyarakat.

Di mana masyarakat diberi ruang seluas-luasnya berperan aktif dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba atau P4GN, kata dia.

Oleh karena itu, sebut dia, BNN Provinsi Aceh terus berupaya mengajak untuk lebih peduli terhadap bahaya narkoba dengan mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan barang terlarang tersebut.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017