Penjabat (Pj) Bupati Abdya, Sunawardi, segera menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur rusak akibat diterjang banjir melanda daerah itu pada akhir pekan ini.
 
“Pemukiman di lereng bukit yang rawan longsor sudah kami perintahkan untuk ditangani oleh BPBK dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup,” ujar Sunawardi saat dihubungi dari Blangpidie, Minggu.
 
Pj Bupati Sunawardi juga terus memantau situasi cuaca yang diperkirakan oleh BMKG akan tetap hujan ringan dengan suhu 26º C, kelembaban 93%, kecepatan angin 2 KM/jam dari arah selatan, dan tinggi gelombang 0 hingga 0,5 meter.
 
“Saya pantau terus, ada beberapa masalah yang sudah diidentifikasi, seperti saluran air yang sudah lebih dari 8 tahun tidak dibersihkan di kota Blangpidie dan Manggeng, sehingga terjadi luapan air dari bendungan Manggeng,” jelasnya.
 
Sebagai langkah antisipasi, lanjutnya, Pemkab Abdya akan membersihkan saluran-saluran di dua kota tersebut untuk mencegah banjir di masa mendatang. 
 
Selain itu, kata Sunawardi bantuan masa panik dan perbaikan infrastruktur yang rusak juga sedang diupayakan, baik dari BPBK maupun Dinas Sosial provinsi.
 
"Dengan adanya langkah-langkah ini, kita harapkan dampak banjir dapat diminimalisir dan masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan normal seperti biasanya," katanya
 
Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Abdya sejak siang hingga malam hari telah memicu banjir dan longsor di berbagai desa, sehingga memaksa warga untuk berjuang di tengah bencana alam ini.
 
Kepala BPBK Abdya, Armayadi melaporkan bahwa banjir melanda sejumlah desa di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Blangpidie, Manggeng, Tangan-Tangan, Susoh, dan Jeumpa dengan ketinggian air mencapai 20 hingga 40 cm.
 
Sedangkan di Kecamatan Jeumpa, tepatnya di Desa Ladang Neubok mengalami longsor yang menimpa satu rumah warga, merusak pagar dan bagian dapur rumah tersebut. 
 
"Warga setempat kini bergotong-royong membersihkan puing-puing dan memastikan keselamatan keluarga yang terdampak," ungkap Armayadi.

Baca juga: Banjir dan Longsor Terjang Abdya, begini kondisinya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024