Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh mengerahkan 557 personel untuk pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

"Sebanyak 557 personel dikerahkan untuk pengamanan Idul Adha. Pengamanan ini juga dibantu personel instansi terkait lainnya," kata Wakil Kepala Polresta Banda Aceh AKBP Armaini di Banda Aceh, Selasa.

Selain kepolisian, sebut dia, dukungan personel pengamanan di antaranya dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH, serta organisasi komunikasi dan pihak terkait lainnya.

AKBP Armaini menyebutkan, pengamanan tidak hanya saat masyarakat Banda Aceh yang mayoritas Islam melaksanakan shalat Idul Adha, tetapi juga pawai malam lebaran, serta libur setelah lebaran.

"Untuk pengamanan di masjid saat pelaksanaan shalat hari raya, kami menempatkan sejumlah personel pengamanan. Namun, tidak semua masjid yang melaksanakan shalat Idul Adha ditempatkan petugas," kata dia.

Selain masjid, kata dia, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat saat lebaran Idul Adha. Seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

AKBP Armaini juga mengimbau warga yang berlebaran di kampung halaman agar meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Seperti rumah benar-benar sudah terkunci, kompor sudah mati, dan lainnya.

"Dan kalau bisa kunci dititipkan pada kerabat terdekat atau tetangga yang dipercaya. Atau kunci rumah bisa dititip di kantor polisi terdekat guna menghindari hal-hal tidak diinginkan," kata AKBP Armaini.

Perwira menengah Polri itu menambahkan, kepolisian juga melaksanakan patroli, terutama di titik-titik yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

"Kepolisian juga menempatkan personel di titik rawan gangguan kamtibmas, termasuk menempatkan petugas di pelabuhan dan terminal. Semuanya dilakukan untuk memastikan keamanan masyarakat terjamin," kata AKBP Armaini. 


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017