Bunda Literasi Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani menyatakan kehadiran perpustakaan gampong/desa dalam kabupaten itu akan mampu meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat.

“Kehadiran perpustakaan gampong bukan hanya sebagai tempat membaca, tapi menjadi pusat kegiatan literasi bagi masyarakat,” kata Cut Rezky di sela-sela melantik Pengurus Forum Perpustakaan Gampong Aceh Besar di Dekranasda Aceh Besar, Kecamatan Ingin Jaya, Rabu,

Ia menjelaskan perpustakaan gampong yang telah ada tersebut harus dioptimalkan sebagai pusat literasi, sarana rekreasi sosial seperti tempat bersosialisasi, mendongeng, belajar menari dan pusat informasi dan ilmu pengetahuan.

Ia mengatakan forum Perpustakaan yang baru dikukuhkan tersebut beranggotakan para pegiat literasi dan pengelola Perpustakaan gampong. Mereka juga juga akan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait program pemajuan perpustakaan.

Dalam kesempatan tersebut ia juga berharap kepada seluruh peserta untuk dapat melahirkan berbagai ide dan inovasi untuk kemajuan Perpustakaan di Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar Fazlun mengatakan dengan pengukuhan tersebut dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat literasi bagi masyarakat gampong dalam Kabupaten Aceh Besar.

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan rapat koordinasi perpustakaan gampong Se-Aceh Besar tersebut diikuti  120 pengelola Perpustakaan dan diantaranya 70 inisiator pojok baca.

Pihaknya berharap lewat rapat koordinasi tersebut dapat memperkuat program literasi di Aceh Besar dengan menjalin komunikasi dan koordinasi terintegrasi dengan berbagai pemangku kepentingan di gampong, kecamatan hingga kabupaten.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024