Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seorang jamaah haji asal Aceh meninggal di Mekkah, Arab Saudi, Rabu (6/9) akibat penyakit komplikasi ketika sedang berada di hotel tempat menginap.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Kamis mengatakan jamaah itu bernama Teuku Zainal Arifin bin Teuku Djafar (58), beralamat di BTN Ajuen Lam Hasan, Kabupaten Aceh Besar.

"Informasi yang kami terima dari petugas haji, satu jamaah Aceh Kloter 3 meninggal di Makkah, Rabu (6/9) sekitar pukul 17.00. Dikebumikan di Asy Syaghaya, Makkah," jelasnya.

Dia berkata jamaah yang miliki nomor paspor B4145335 diagnosa menderita sesak nafas, hipertensi dan penyakit pernapasan.

Teuku Zainal Arifin meninggal usai melaksanakan shalat ashar yang didampingi isterinya Syarifah Marlina Said Abdullah yang juga menunaikan ibadah haji.

Jenazah kemudian di jemput oleh mobil ambulans untuk autopsi, dan pengurusan jenazah. Selanjutnya dishalatkan di Masjidil Haram dan dibawa ke pemakaman.

"Keluarga boleh mendampingi, cuma sampai Mesjidil Haram saja. Dokter, dan perawat juga tidak diperbolehkan ikut karena harus mengawasi jamaah yang lain," terangnya.

"Hingga hari ini (Kamis, 7/9), tercatat sudah enam orang jamaah haji asal Aceh meninggal di Tanah Suci," kata Rusli.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini berangkatkan 4.463 jemaah ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.463 orang itu terdiri 4.347 jemaah asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 jemaah mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017