Singkil(ANTARA Aceh) - Jelang Pemilihan Keuchik atau Kepala Desa (Pilkades) Serentak Aceh Singkil sabtu 16 September mendatang 48 Desa, Kecamatan Singkil gelar Deklarasi(Pernyataan bersama) Pilkades Damai dihalaman Kantor setempat Kamis. 

"Para calon yang lulus administrasi dihimbau agar siap menerima kekalahan dan amanah kepada yang menang, sebab setiap kompetisi untuk proses pemilihan pimpinan terbaik dipastikan ada yang menang dan ada yang kalah,"kata Camat Singkil Riky Yodyska dalam sambutannya yang dihadiri sejumlah Muspika. 

"Saya percaya masyarakat Aceh singkil sudah dewasa dalam berdemokrasi, kita buktikan bahwa kita mampu dan menjadi contoh Kecamatan lainnya,"tutur Riky. 

Riky mengamanahkan Kepada Panitia Pemilihan Keuchik(P2K) agar tidak ada keberpihakan kepada salah satu calon(Independen), supaya tercipta pilkades bersih damai, dan tidak ada perselisihan di desa tersebut.

Untuk para Pj Keuchik, tambahnya, di harapkan memantau tahapan demi tahapan pilkades, hingga pencoblosan, dan penghitungan suara, sekecil apapun masalah yang terjadi segera dilaporkan ke pihak Kecamatan.

Kapolsek Singkil Iptu Syamsuar dalam kesempatan itu mengajak kepada calon Keuchik menciptakan Pilkades Damai dan bermartabat. "Bagi pemenang nanti jangan terlalu bereuforia dan bagi yang kalah jangan berkecil hati," katanya. 

Pelda Abdurrahman perwakilan Koramil 02 Singkil juga menghimbau para calon Kades atau Keuchik jangan bermain uang untuk mengelabui pemilih, supaya melahirkan pemimpin yang bersih, karena pimpinan baik untuk rakyat yang baik.

Acara tersebut juga turut dihadiri Danpos AL Singkil Letda Laut Pelaut Suriadi Liwa, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Singkil, Para Pj Keuchik, Calon Keuchik dari 7 Desa, Dan sejumlah ketua P2K Gampong yang menggelar Pilkades.

Deklarasi juga berlaku di sejumlah Kecamatan lainnya di Aceh Singkil.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017