Sabang (ANTARA Aceh) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jumat mengingatkan pengguna jasa pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi lebih dari dua meter di perairan Samudera Hindia sebelah barat Aceh.

"Prakiraan cuaca hari ini gelombang laut dari 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di perairan Samudera Hindia barat Aceh dan peraiaran Samudera Hindia barat Kepulauan Nias," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh, Sabang, Siswanto di Sabang, Jumat.

Berkenaan dengan prakiraan cuaca tersebut, ia mengingatkan pengguna jasa pelayaran dan nelayan untuk mengwaspadai potensi gelombang tinggi itu.

"Prakiraan cuaca ini berlaku untuk hari ini (Jumat, 15/9) dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB," sebutnya.

Lebih lanjut BMKG juga memprakirakan cuaca di perairan Sabang-Banda Aceh, angin bergerak dari selatan hingga barat daya, 4 - 20 knots dan cuaca secara umum berawan tebal dan gelombang laut berkisar dari 1,25 hingga 2 meter.

Kemudian, prakiraan cuaca di perairan barat Aceh, angin bertiup dari arah barat daya - timur laut, 2 - 12 knots, dan berpontensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan tinggi gelombang laut 1,25 - 2,5 meter.

Lalu perairan cuaca di Lhokseumawe angin bergerak dari barat daya - barat laut, 2 - 15 knots, berpotensi hujan lokal dan tinggi gelombang 0,5 - 1,2 meter.

Ia juga memprakirakan cuaca di Selat Malaka bagian utara
angin bertiup dari barat daya 8 - 20 knots dan berpotensi diguyur hujan ringan, tinggi gelombang laut 1,5 - 2,5 meter.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017