Sabang (ANTARA Aceh) - Pawai taaruf Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah di Kota Sabang, Provinsi Aceh, Kamis, berdoa untuk muslim Rohingya.

Diantara seribuan peserta pawai ada sekelompok siswa membawakan tulisan "Pray For Rohingya" dan "Stop Kekerasan Terhadap Muslim Rohinnya".

Pawai yang diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam dan Badan Dayah tersebut dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru Islam.

Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus menyatakan, pawai diikuti seribuan siswa perwakilan sekolah dari SD, SMP dan SMA se-derajat se-Kota Sabang.

"Para peserta anak anak kami yang begitu antusias membuktikan bahwa mayoritas umat Islam yang mencintai aneka ragam tradisi dan kesenian bernafaskan keislaman yang senantiasa kita pelihara dan lestarikan dalam setiap jengkal perjalanan waktu," katanya.

Menurutnya, pawai taaruf merupakan media ukhuwah Islamiyah yang efektif bagi umat Islam khususnya bagi pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa.

Selain itu, melalui pawai ini juga dapat menjalin suasana keakraban yang harmonis dan terus terjaga dalam kehidupan sehari-hari.

"Peringatan Tahun Baru Hijriah ini tidak semata mata sebagai siremoni tetapi yang lebih penting bagai mana memetik dan mengambil hikmah yang terkandung dalam peristiwa itu sendiri," ujarnya.

Pawai mengangkat tema "Kita tingkatkan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar menuju Sabang bersih Indah dan nyaman."
   
Kemudian, Wakil Wali kota Suradji Junus bersama Sekretaris Daerah Kota Sabang Sofyan Adam unsur Forkopimda melepas peserta pawai di Lapangan Play Ground Gampong Kuta Ateuh Sabang bejalan menuju Jalan Perdagangan dengan finist di kawasan Sabang Fair.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017