Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 21 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry magang pada Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Aceh Besar.

Pelepasan mahasiswa magang tersebut dilakukan usai penandatanganan naskah kerja sama antara FUF dengan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar di Aula Ushuluddin, Kamis.

"Saya sangat mengapresiasi dengan kerja sama yang dilaksanakan ini, beda dengan yang telah dilaksanakan sebelumnya, dimana sebagian besar hanya seremonial saja, sedangkan tindak lanjutnya sangat sedikit, kita berharap sekecil apapun itu harus ada aksi langsung," kata Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Dr Lukman Hakim.

Menurut dia kerja sama tanpa aplikasi langsung di lapangan maka manfaatnya sangat sedikit, oleh karena itu pimpinan FUF sangat mendukung atas kerja sama yang dijalin ini dengan terobosan langsung mendapat tempat bagi mahasiswa untuk melakukan magang.

Lukman Hakim menambahkan ini merupakan sejarah baru bagi prodi tersebut yang dapat melakukan kerja sama dengan Kemenag Aceh Besar dan langsung dapat diaplikasikan poin-poin yang ada dalam naskah kerja sama tersebut, yakni menerimaÿÿmahasiswa UIN Ar-Raniry untuk magang pada beberapa KUA di Aceh Besar.

"Ini merupakan MoU perdana yang dilakukan dengan Kementerian Agama, tahap pertama UIN Ar-Raniry akan mengirim 21 mahasiswa untuk magang pada 4 KUA di Aceh Besar dan satu di Banda Aceh, peserta akan magang selama dua bulan," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar, Salahuddin juga menyambut baik dengan kerja sama yang terjalin antara Fakultas Ushuluddin dengan Kemenag Aceh Besar, khusus pada pengembangan tri dharma perguruan tinggi dan secara khusus terkait dengan penempatan mahasiswa magang pada KUA di Aceh Besar.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017