Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sekretaris Daerah Aceh Dermawan menyatakan pembangunan gampong/desa harus menjadi prioritas sebagaimana disebutkan dalam program Nawacita Presiden Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran.

"Yang namanya pinggiran itu kan desa/gampong dan sebagian besar masyarakat kita terutama di Aceh memang berada di kawasan gampong, jadi focus pada pembangunan gampong perlu menjadi prioritas," kata Dermawan di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa se-Aceh Tahun 2017 di Banda Aceh.

Dermawan mengatakan Rapat Koordinasi merupakan upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan sejak tahun 2015, sudah ada program dana desa yang mencapai Rp1 milyar per gampong.

"Ini tentu perlu partisipasi masyarakat dan perencanaan yang baik serta pengawasan agar dana desa itu bisa dimanfaatkan sesuai dengan perencanaan," katanya.

Menurut dia anggaran dana desa harus dapat dikelola dengan baik dengan terus melakukan dan meingkatkan sistem pembinaan, pengelolaan dan pemberdayaan gampong.

"Kami berharap melalui Rakor ini dapat membahas langkah-langkah tersebut, sehingga gampong-gampong di Aceh lebih maju, lebih mandiri, lebih demokratis dan masyarakatnya pun lebih sejahtera," katanya.

Pemerintah Aceh juga berharap agar seluruh gampong mampu menjalankan pemerintahan yang transparan dan akuntabel serta melibatkan partisipasi masyarakat.

Ia mengatakan guna memastikan partisipasi maka semua informasi tentang gampong harus terbuka kepada publik, mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaannya, agar masyarakat mengetahui sistem penyelenggaraan pemerintahan di gampong.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017