Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seluruh jamaah haji asal Aceh yang tergabung dalam 12 Kelompok Terbang (Kloter) telah tiba di Tanah Air dengan jumlah 4.439 orang.

"Dengan tibanya Kloter 11 sebagai kloter terakhir, maka berakhirlah pemulangan jamaah haji Aceh musim haji di tahun ini," ucap Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Jumat.

Ia berkata, Kloter 11 Debarkasi Aceh terdiri dari 390 orang jemaah haji dengan menumpangi pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Aceh Besar.

Ke-390 jamaah itu, rincinya, terdiri 159 jamaah laki-laki, dan 231 jamaah perempuan berasal dari empat kabupaten/kota yakni Aceh Timur, Aceh Tamiang, Gayo Lues dan Langsa.

Semula di kloter tersebut berangkat ke Tanah Suci berjumlah 393 jamaah, namun terdapat tiga orang jamaah asal Aceh yang wafat di Arab Saudi.

"Tahun ini, semua jamaah asal Aceh, tidak ada yang menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi di saat gelombang pemulangan hingga kloter terakhir," terangnya.

Rusli mengaku, selama jamaah haji asal Aceh menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, tercatat total 24 orang wafat di Arab Saudi baik di Makkah maupun Madinah.

"Alhamdulillah, semua proses perjalanan jamaah haji Aceh mulai dari pemberangkatan sampai pemulangan berjalan dengan sempurna. Semoga semua jamaah dari baik dari Kloter 1 sampai Kloter 12, mendapat haji yang mabrur," tutur dia.

Sekretaris PPIH Debarkasi Aceh, Abrar Zym sebelumnya mengatakan, tahap pemulangan jamaah haji asal Aceh untuk kepulangan Kloter 11 berakhir pada Kamis, (5/10) malam.

"Kloter terakhir ini membawa 391 jamaah asal Aceh terdiri dari Aceh Timur 235 orang, Aceh Tamiang 110 orang, Gayo Lues 42 orang, Langsa satu orang, dan beberapa petugas haji," katanya.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini telah memberangkatkan 4.463 orang jemaah dari Aceh ke Tanah Suci dalam 12 Kloter, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.

Ke-4.463 orang itu terdiri 4.347 jamaah asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 jamaah mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017