Meulaboh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengingatkan Bupati Nagan Raya berperan menjaga kelestarian Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), mengingat daerah itu berada di kaki pegunungan kawasan Leuser.

Nagan Raya kaya sumber daya alam, jangan sampai over eksploitasi. Sebagai salah satu daerah berada di kaki taman nasional gunung leuser maka  Bupati Nagan harus berperan menjaga  kelestarian taman nasional Leuser, katanya di Nagan Raya, Senin.

Pesan itu disampaikan saat memberi arahan dan sambutannya pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan H DJamin Idham dan Chalidin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya priode 2017-2022 dalam rapat paripurna di DPRK setempat.

Irwandi Yusuf menyampaikan, sudah cukup dengan adanya kasus pengrusakan lingkungan oleh aktivitas perusahaan PT Kalitasta Alam sebagai pengelola Hak Guna Usaha (HGU) di daerah tersebut, yang ikut menyeret dirinya ke ranah pengadilan.

Perkebunan sawit di Nagan Raya sudah cukup luas dan merupakan daerah yang memproduksi CPO tertinggi di Provinsi Aceh. Maka ke depannya, terhadap perusahaaan-perusahaan minta konsesi kebun sawit, itu distop dulu.

Ia melihat langsung dari udara menggunakan pesawat pribadinya Enggle One, masih ditemukan beberapa titik yang sedang dilakukan pembersihan lahan, namun ia tidak tahu persis apakah pembukaan lahan baru atau pemugaran lahan lama di Nagan Raya.

Pada kesempatan tersebut Irwandi Yusuf mengajak Pemkab Nagan Raya di era pemimpin baru tersebut untuk menyatukan visi misi dengan Pemerintah Aceh, sehingga cita-cita bersama membangun Aceh secera keseluruhan bisa tercapai.

"Bupati priode sebelumnya (Teuku Zulkarnaini) telah menjabat hampir 15 tahun di Nagan Raya, hampir sama seperti masa kesultanan Aceh dulu. Jadi, kini sebagai pewaris sultan, Djamin Idham, bertugas melanjutkan yang dicapai agar lebih baik,"tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, setelah dimekarkan dengan Kabupaten Aceh Barat pada 2002, sudah terbukti terjadinya peningkatan perekonomian daerah itu, Kabupaten Nagan Raya merupakan kabupaten paling makmur di belahan pantai barat selatan Aceh.

Irwandi Yusuf ke Nagan Raya di dampingi istrinya Darwati A Ghani serta Wali Nangro Tgk Malek Mahmud, Walikota Banda Aceh serta sejumlah pejabat dari provinsi.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRK Nagan Raya, Hj Keulimah, serta turut hadir Bupati priode 2012-2017, H T Zulkarnaini, serta anggota DPRA dan bupati dari kabupaten tentangga, serta tokoh masyarakat.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017