Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) berlangsung dari tanggal 9 hingga 14 Oktober 2017 dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Aceh.

"Kalau ibu-ibu ada kesempatan, silahkan ke Sabang. Di Sabang bisa menikmati wisata bahari," kata Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Nur Azizah di Banda Aceh, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Serambi Makkah Aceh kepada Penasehat DWP Kemenag, Trisna Willy Lukman Hakim Saifuddin.

Acara yang digelar di Aula Aziziah Asrama Haji Banda Aceh tersebut, dihadiri oleh para Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Selain bisa menikmati wisata bahari, lanjutnya, Kota Sabang, Aceh, seluas 153 kilometer per segi ini, juga terdapat tugu titik nol kilometer Indonesia.

Bila tidak sempat mengunjungi Sabang dengan menumpangi kapal roro cuma dua jam dari Banda Aceh, maka pengujung bisa mengujungi bisa menimati sejumlah destinasi wisata di ibu kota Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

"Kalau tak sempat ke sana, di sini juga ada sejumlah tempat wisata. Seperti Ulee Lheue, Museum Tsunami, PLTD Apung, Lampuuk dan sejumlah tempat lain yang sangat indah," terang Nur.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat membuka penyelenggaraan Pentas PAI Tingkat Nasional ke-VIII Tahun 2017 menyatakan, pentas tersebut merupakan wahana menggali potensi dan minat anak dalam bidang pendidikan agama.

"Penyelenggaraan ini merupakan kebutuhan kita semua sebagai orang tua dan anak yang sedang menempuh pendidikan dari jenjang sekolah dasar sampai SMA/SMK terhadap pengetahuan agama," katanya.

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut dapat mengetahui terhadap bakat, potensi, minat dan juga keterampilan setiap peserta didik dalam pendidikan bidang agama.

"Kegitan ini juga merupakan ajang silaturahim, saling berintraksi membangun relasi dan ini juga tidak hanya siswa, tapi juga guru dan pengelola sekolah yang mengajarkan pendidikan agama Islam," katanya.

Saifuddin, Sekretaris Panitia Pelaksana Pentas PAI Aceh sebelumnya mengatakan, acara ini akan diikuti sekitar 1.200 peserta yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam ivent ini terdapat delapan jenis yang akan dilombakan yakni Musabaqah Tilawatil Quran/MTQ, hifzhil quran, pidato, cerdas cermat, kaligrafi, nasyid, debat, dan kreasi busana.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017