Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah menetapkan 13 top event pada tahun 2018.

"Akan ada 13 event besar yang akan digelar di Aceh dalam rangka meningkatkan promosi dan juga meningkatkan citra Aceh di mata internasional," katanya di sela-sela konferensi pers terobosan 100 hari Pemerintahan Irwandi-Nova di gedung serba guna kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskankan ke 13 top event tersebut masing-masing Aceh International Marathon 2018 di Sabang, Aceh Cullinary Festival  di Banda Aceh, Banda Aceh Coffee Festival di Banda Aceh dan Aceh Sufi World Music Festival di Banda Aceh.

Selanjutnya Festival Danau Lut Tawar di Takengon, Aceh International Rapai Festival di  Lhokseumawe, Burni Telong Challenge di Bener Meriah, Pekan Kebudayaan Aceh 2018 di Banda Aceh, Festival Pulau Banyak di Singkil.

Kemudian Aceh International Surfing Championship di Simeulue, Sabang Jazz  di Sabang,  Sabang International Freediving Championship di Sabang dan Weh Dive Fest 2018 di Sabang.

Ia menambahkan dalam program capain 100 hari Aceh Kreatif, pihaknya juga telah menetapkan kawasan agro wisata terpadu di kawasan Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues.

Kemudian penetapan kawasan wisataa Marina di Pulau Banyak, Aceh Singkil, menjadikan Sabang sebagai wisata bahari dunia (wisata kapal pesiar) dan kawasan yang nyaman untuk investasi kelas dunia.

"Kita juga memperkuat branding "The Light of Aceh (cahaya Aceh) yang merefleksikan Aceh sebagai destinasi wisata halal dunia dan membangun brand image sail Sabang 2017," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menyatakan dengan masuknya sektor pariwisata dalam program prioritas merupakan sebuah loncatan besar terhadap sektor pariwisata di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Sektor Pariwisata Aceh sangat menjanjikan dan Aceh memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk sektor ini dan kami akan berupaya maksimal untuk mengambangkan seluruh potensi yang ada guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor," kata Reza.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017