Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A Gani menyatakan penggunaan dan pemakaian hasil kerajinan daerah seperti tas, batik dan kain songket yang dilakukan dirinya merupakan bagian dari promosi.

"Setiap melakukan kunjungan baik di daerah, keluar provinsi dan luar negeri saya menggunakan produk-produk kerajinan asal Aceh. ini merupakan bagian dari promosi," katanya di Aceh Besar, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menghadiri pemberian bantuan pengrajin bordir dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh di Gampong dayah Daboh, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar.

Ia menjelaskan foto yang disebarkan dirinya melalui media sosial selama ini merupakan bagian dari komitmen dirinya dalam mempromosikan hasil kerajinan asal Tanah Rencong.

"Artinya, saat saya menggunakan kerajinan khas Aceh orang lain pasti akan bertanya dan terkadang ada yang terkejut dengan melihat produk tas atau kain yang unik tersebut," katanya.

Menurut dia produk kerajinan asal Aceh sangat bagus dan diminati oleh masyarakat di dalam dan luar negeri sehingga para pelaku usaha dapat menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan.

"Saya saja bangga dan menggunakan produk kerajinan asal Aceh, kenapa ibu-ibu lain tidak menggunakannya," katanya.

Karena itu, istri orang nomor satu di provinsi ujung paling barat Indonesia itu mengajak seluruh kaum hawa khususnya untuk menggunakan produk kerajinan yang dihasilkan oleh pengrajin yang ada di Aceh.

"Saya yakin produk kerajinan yang dihasilkan oleh pengrajin Aceh akan terus meningkat setiap tahunnya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman," katanya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017