Lhokseumawe (ANTARA Aceh )-  Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad),  melakukan peninjauan ke sejumlah sasaran TMMD Reguler ke 100 Kodim 0103/Aceh Utara, yang sedang berlangsung di di desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Tim dari Mabes TNI AD tersebut, diketuai oleh Kolonel Kav Abdul Rahman Made yang mengawali kunjungannya dengan paparan kemajuan pengerjaan sasaran TMMD oleh Dandim 0103/Aceh Utara di Aula Yudha Makodim, Aceh Utara, Rabu.

Disela-sela kunjungan langsung ke lokasi pelaksanaan TMMD ke 100 di Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Ketua tim mengatakan bahwa tujuan dilakukannya peninjauan adalah untuk mengukur kinerja satuan organisasi Satgas TMMD,  mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan penyelenggaraan program TMMD TA. 2017.

"Kami lihat target pelaksanaan pada sejumlah sasaran kegiatan TMMD, benar sesuai dengan yang dilaporkan. Kita harapkan agar pelaksanaanya dapat berjalan secara optimal dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien," ujar Abdul Rahman Made.

Pada kesempatan itu, Abdul Rahman Made mengungkapkan bahwa program TMMD telah berjalan selama 37 tahun, yang diawali pada tahun 1980, ketika pertama kali digagas oleh Jendral M. Yusuf.

Saat itu program dimaksud dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD). yang lebih fokus pada pembangunan di pedesaan.

Desa dipilih sebagai objek pembangunan karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan nasional.

"Lalu pada tahun 1999, terjadilah penggantian nama yang semula AMD menjadi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD," jelasnya.

Dia mengatakan, meskipun telah berganti nama, akan tetapi kegiatannya tetap berorentasi untuk membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.

Kegiatan ini banyak permintaan dari pemerintah daerah dan masyarakat, maka sejak tahun 2017 TMMD dilaksanakan sebanyak Tiga kali dalam setahun, pungkas Abdul Rahman Made. 


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017