Sabang (ANTARA Aceh) - Wakil Ketua DPR RI Fajri Hamzah menyatakan dukungannya untuk pengembangan berbagai infrastruktur di kepulauan paling ujung barat Indonesia.

"Kita pasti mendukung pengembangan infrastruktur di Sabang dan BPKS bersama Pemerintah Kota menyusun perencanaan bersama," kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah ketika melakukan kunjungan kerja ke Sabang baru ini.

Wakil Ketua DPR RI juga menyatakan, pembangunan infratruktur di Sabang harus sudah selesai sebelum Sail Sabang dan pihaknya mendukung penuh pembangunan infrastruktur dikepulauan paling barat Indoensia

"Saya melihat lokasi utama pelaksanaan Sail Sabang di Pelabuhan CT3 masih kosong belum ada aktifitas apapun, padahal kengiatannya sebulun lagi, mestinya persiapan sudah matang dan kita berharap Sail Sabang lebih baik dari sail-sail sebelumnya," harap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

"Kita pasti mendukung pembangunan infrastruktur di Sabang dan ini penting sebagaimana sering dinyayikan dari Sabang sampai Merauke," tambahnya.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Ada pun lokasi penyelenggaraan Sail Sabang kali ini difokuskan pada empat titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, Gapang Resort, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Untuk mendukung suksesnya even nasional tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan sebanyak 11 unit mesin pompa air menjelang pelaksanaan "Sail Sabang 2017".

"Untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat Sail Sabang Kementerian PUPR sudah menyediakan 11 unit mesin pompa air," kata Direktur PDAM Tirta Aneuk Laot Kota Sabang Cut Faisal Syaputra.

Direktur PDAM Tirta Aneuk Laot juga menyebutkan, mines 14 hari Sail Sabang semua mesin tersebut sudah terpasang dan siap mendistribusikan air ke titik-titik pelaksasanaan Sail Sabang itu sendiri.

lebih lanjut katanya, Kementerian PUPR juga sedang menyiapkan dua penampungan air bersih yang masing-masing kapasitasnya 4.000 liter.

"Sekarang PUPR terus menyiapkan berbagai fasilitas air bersih dengan harapan saat Sail Sabang tidak ada problem mengenai air bersih," ujarnya.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara pada 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timur pada 2013, Raja Ampat, Papua Barat pada 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah pada Oktober 2015 dan 28 November sampai 5 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Provinsi Aceh.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017