Kutacane (ANTARA Aceh) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Aceh memperkirakan kondisi cuaca berawan dan cenderung turun hujan melanda sebagian besar wilayah paling barat di Indonesia tersebut.

"Cuaca mendung diperkirakan hampir merata terjadi di Aceh pekan ini," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Zakaria melalui sambungan telepon di Aceh Tenggara, Selasa.

Ia mengatakan cuaca baik pada siang hari dan malam hari di 23 kabupaten/kota di Aceh bahwa cuaca secara umum mayoritas berawan, dan cenderung turun hujan dengan intensitas ringan mengguyur di enam wilayah.

Wilayah tersebut meliputi dua daerah dataran tinggi di Aceh yakni Gayo Lues dan Aceh Tenggara, serta empat daerah dataran rendah yaitu Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Sulubussalam, dan Aceh Singkil

"Sedangkan 17 wilayah lain dari total 23 daerah di Aceh, cenderung berawan. Namun sesekali hujan akan turun di 17 wilayah lain itu, dan ini cuma bersifat kasuistik saja," terangnya

Dia mengatakan, potensi hujan dengan intensitas mulai ringan, sedang, hingga lebat dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang cukup berpotensi di 17 wilayah lain tersebut seperti Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan sekitarnya.

"Ini cuma bersifat kasuistik saja di 17 daerah, dan begitu juga pada malam hari. Sementara yang rutin hujan turun sepekan mendatang di enam daerah, akibat tekanan rendah di Samudera Hindia," jelas Zakaria.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tenggara, Ramadhan, telah meningkatkan status menjadi siaga darurat menyusul masuknya puncak musim hujan sejak awal bulan ini.

"Untuk mengantisipasi atas kemungkinan bencana banjir, kita telah tetapkan status siaga darurat sejak pekan lalu," tegasnya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017