Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 14 regu bulutangkis dari kabupaten dan kota lolos ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII/2018 di Kabupaten Aceh Besar, setelah bersaing dalam prakualifikasi PORA yang berakhir Minggu (19/11) sore di GOR KONI Aceh, Banda Aceh.

Ke-14 regu tersebut terdiri tujuh regu putra dan tujuh regu putri berasal dari delapan kabupaten/kota yang berhak bertanding di pesta olahraga Aceh tahun depan.

Tujuh regu putri yaitu Aceh Barat, Banda Aceh, Langsa, Nagan Raya. Aceh Barat Daya (Abdya), Lhokseumawe dan Aceh Utara. Beregu putri ini mempertandingkan dua nomor tunggal dan satu nomor ganda.

Sedangkan tujuh regu putra yaitu Aceh Utara, Banda Aceh, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Barat, Aceh Jaya, Lhokseumawe dan Langsa. Beregu putra mempertandingkan tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda.

Pra PORA yang diikuti 181 pebulutangkis memperkuat regu 20 kabupaten/kota , enam kabupaten/kota berhasil meloloskan regu putra dan putri yaitu Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Barat Daya (Abdya), Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa. Dua kabupaten yakni Nagan Raya hanya lolos di regu putri dan Aceh Jaya di regu putra.

Persaingan perebutan tiket ke PORA cabang olahraga bulutangkis berlangsung seru dan ketat, mulai penyisihan pool. Kategori putra dan putri masing-masing dibagi empat pool. Regu kabupate/kota berjuang meraih juara pool untuk memastikan diri lolos ke PORA.

Perebutan tiket terus berlangsung seru, saat terjadi play-off (dipertandingkan kembali) empat regu dari peringkat kedua (runner-up) masing-masing pool, untuk menentukan tiga regu lagi lolos ke PORA.

Ketua Panitia Khairuddin mengatakan Pra PORA bulutangkis berjalan lancar dan sukses menghasilkan tujuh regu putri dan tujuh regu putra lolos bertanding ke PORA tahun depan di Aceh Besar.

Pra PORA bulutangkis tidak memperebutkan medali emas, perak dan perunggu tetapi untuk memperoleh tujuh regu putri dan tujuh regu putra yang berhak bermain di PORA. 

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017