Meulaboh (ANTARA Aceh) - Badan Penyelamat Nasional (Badan Searc And Resque Nasional - Basarnas) menyelamatkan dua orang warga yang dilaporkan mengalami kecelakaan kapal motor saat memancing ikan di wilayah perairan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Komandan Pos SAR Meulaboh, Dwi Hetno, di Meulaboh, Senin, menuturkan, tim penyelamat berhasil menemukan dua orang pelaut bersama kapal mereka sekira 25 mil dari kuala Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

"Setelah menempuh perjalanan sekira 25 mil dari Kuala Meulaboh, Satgas SAR Pos Meulaboh akhirnya berhasil menemukan kapal yang dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya,"sebutnya kepada wartawan.

Ia menyampaikan, Pos SAR Meulaboh, pada Minggu (19/11) pada pukul 14.30 WIB menerima info dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, tentang kecelakaan kapal nelayan di laut.

Korban yang dilaporkan itu atas nama Lamuddin (58) warga Desa Ujong Baroh dan Awon (40) warga Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Kedua warga itu dilaporkan hilang sejak berangkat memancing ikan di perairan laut lepas pada Kamis (17/10).

Keduanya berangkat memancing ikan di laut dengan satu unit armada kapal motor dengan ciri-ciri, panjang kapal tujuh meter dan warna corak biru orange, berangkat dari Meulaboh menuju perairan Aceh Jaya untuk memancing ikan.

"Tim SAR Pos Meulaboh melakukan pencarian dengan menggunakan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB). Bergerak sekira 25 mil dari Meulaboh hingga sampai ke lokasi kecelakaan itu," jelasnya.

Kapal beserta korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat pada pukul 16.30 WIB, kemudian tim SAR mencari kapal nelayan lain yang ditemukan terdekat untuk membantu evakuasi boat tersebut dengan menariknya ke perairan lebih aman dari empasan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017