Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh menyeleksi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) di kantor panwaslu setempat.

Ketua Panwaslu Kota Lhokseumawe T Zulkarnen, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa tahapan seleksi untuk calon PPK yang mendaftar di Panwaslu Kota Lhokseumawe untuk Pemilu Legislatif 2019.

Menurutnya lagi, saat ini tahapan seleksi adalah tes wawancara kepada peserta yang telah lulus tes tulis beberapa hari lalu, yaitu sebanyak 24 orang untuk mengikuti tes wawancara.

"Sekarang sedang kami lakukan tes wawancara kepada 24 peserta dari empat kecamatan di wilayah Kota Lhokseumawe yang telah lulus ujian tulis. Calon yang telah tes wawancara akan diputuskan siapa yang lulus dan segera diumumkan dalam waktu dekat," ujar Zulkarnen.

Dia menyebutkan materi wawancara yang ditanyakan kepada peserta berupa kemampuan membaca Alquran dan juga melihat integritas, netralitas, profesional serta kemampuan memahami aturan-aturan pemilu.

"Bagi peserta yang nantinya dinyatakan lulus sebagai anggota panwascam akan mengikuti bimbingan teknis tentang tugas panwascam dan juga diarahkan untuk mengkonsolidasi panwascam di tiap-tiap kecamatan dan menjalin komunikasi dengan stakeholder lainnya di tingkat kecamatan," katanya lagi.

Menurut dia, pada tiap kecamatan jumlah anggota panwascam sebanyak tiga orang yang dinyatakan lulus. Sedangkan tiga orang lainnya adalah sebagai cadangan. Apabila dalam perjalanan pengawasan nantinya ada anggota panswacam yang tidak bisa melaksanakan tugasnya, maka akan digantikan oleh yang lulus cadangan sesuai perankingan nilai.

Dia menambahkan, verifikasi berkas seluruh peserta calon anggota PPK se-Kota Lhokseumawe berjumlah 131 orang, yaitu Kecamatan Banda Sakti 58 peserta, Muara Satu 15 peserta, Muara Dua 35 orang, dan dari Kecamatan Blang Mangat sebanyak 24 orang peserta.

Pendaftar laki-laki sebanyak 100 orang dan perempuan 32 orang.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017