Blangpidie (ANTARA Aceh) - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslim Hasan mengemukakan, padi lokal "Sigupai" yang ada di daerahnya akan dilepas menjadi varietas unggul baru nasional oleh Kementerian Pertanian.

"Potensi padi lokal varietas Sigupai ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan, karena pihak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh telah mencoba melakukan upaya perbaikan dan memperpendek umur dari 150 hari menjadi 115 hari dengan produktifitas hasil 10-12 ton/hektare," katanya di Blangpidie, Sabtu.

Ia menyampaikan pernyataan tersebut dihadapan ratusan petani sawah saat menghadiri acara gerakan tanam penangkaran benih tanaman pangan tahun 2017 dikawasan lahan persawahan Desa Tangan-Tangan Cut, Kecamatan Setia.

Acara gerakan tanam penangkaran benih tanaman pangan tersebut turut dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Kasi Perbenihan Dinas Pertanian Aceh, Habiburahman, Muspika Setia, Keujruen Blang (lembaga adat sawah ) dan masyarakat setempat.

Muslim berkata, padi lokal Sigupai telah menjadi ikon wilayah pantai Barat Selatan Provinsi Aceh khususnya Kabupaten Abdya yang merupakan pemilik sah varietas tersebut, dan bahkan perkembangan terakhir sudah didaftarkan ke Kementan RI pada tahun 2014.

"Insyaallah tahun 2018, padi Sigupai ini akan dilepas menjadi varietas unggul nasional baru oleh Menteri Pertanian RI," tutur dia.

Muslim berharap, kedepan padi Sigupai itu bisa menjadi varietas unggul nasional baru yang mampu menggantikan varietas unggul lain yang selama ini dikembangkan di wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh.

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017