Sabang (ANTARA Aceh) - Arus balik kunjungan wisatawan, petugas, dan tim pengamanan "Sail Sabang 2017" membeludak di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Minggu.

Area parkir Pelabuhan Balohan, Sabang tidak mampu menampung lonjakan kendaraan roda 2 hingga ronda 4, bahkan panjang antrean satu kilometer dari pintu gerbang pelabuhan tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sukajaya Iptu Almunir di Pelabuhan Balohan menyampaikan sejak Sabtu (2/12) malam hingga Minggu siang ini, ada 300-an mobil mengantre.

"Ada sekitar 300-san mobil dinas dan umum mengantre dan syukur semuanya berlangsung tertip dan aman," katanya Iptu Almunir.

Untuk melayani lonjakan arus balik tersebut, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) telah menyiapkan tiga armada meliputi, KMP BRR 911 GT, KMP Belanak 1.163 GT dan KMP Papuyu 35 GT.

Kepala Pelabuhan Balohan Abdurrani menyampaikan sebanyak tiga kapal feri atau roro akan melayani arus balik tersebut hingga malam nanti dan terkait jadwal pelayaran akan disesuaikan.

"Sejak pagi tadi sampai siang ini kapal feri sudah 4 kali berlayar dari Sabang-Banda Aceh dan jumlah penumpang yang sudah menyeberang 949 orang, 251 roda 2, dan 37 unit roda 4," katanya.

Ia menyampaikan semua mobil akan diseberangkan sampai malam nanti.

"Syukur hari ini cuacanya sangat bagus dan pelayaran dari Sabang-Banda Aceh dijadwalkan sampai malam hari," ujarnya.

Sail Sabang berlangsung sejak 28 November sampai 5 Desember 2017, sedangkan puncaknya pada Sabtu, 2 Desember 2017.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017