Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - TNI Angkatan Laut melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 yang sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Umum Krueng Geukuh, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal kepada wartawan di Lhokseumawe, Kamis mengatakan, kegiatan bakti sosial TNI AL tersebut merupakan Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dalam rangka Sabang Sail 2017.

Kegiatan pengobatan gratis itu dilakukan untuk berbagai jenis penyakit yang dilayani oleh awak KRI dr Soeharso-990, yang terdiri dari dokter spesialis berbagai jenis penyakit dan juga tenaga medis ahli.

Pengobatan gratis tersebut juga melakukan operasi katarak, bibir sumbing, sunatan massal dan berbagai pelayanan kesehatan lainnya, seperti masalah kulit dan gigi.

"Kurang lebih ada sekitar dua ribuan lebih masyarakat kurang mampu di wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara yang kita undang untuk pengobatan gratis seperti operasi katarak," ungkap Dan Lanal Lhokseumawe.

Sebutnya, kegiatan bakti sosial tersebut merupakan bakti TNI AL kepada masyarakat dalam upaya memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Komandan Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Kolonel Laut (K) Iswanto Budiman mengatakan, dalam rangka operasi SBJ, KRI dr. Soeharso membawa 125 personil.

"Sebanyak 12 tenaga dokter spesialis, lima dokter umum, lima dokter gigi dan selebihnya merupakan tenaga perawat ahli. Mereka ini yang akan memberikan pengobatan kepada masyarakat," ujarnya.

Sedangkan untuk ruang perawatan, di atas geladak kapal KRI dr Soeharso terdapat 20 ranjang perawatan pria dan 20 ranjang perawatan wanita, serta ditambah dengan lima kamar operasi.

"Intinya sarana dan prasaran yang ada sangat mendukung kegiatan pengobatan dan bantuan medis diatas kapal. Bahkan kepada masyarakat, apabila sudah dilakukan operasi, akan diinapkan semalam di kapal dan diberi obat secukupnya," jelas Kol Laut (K) Iswanto Budiman.

Tambahnya lagi, setelah melakukan bakti sosial di Lhokseumawe, pihaknya akan melakukan hal yang sama di Kota Langsa.

"Untuk Provinsi Aceh, kami memulainya di Pulau Banyak, lalu menuju ke Pulau Simelue, kemudian Sabang dan turun menuju Lhokseumawe dan selanjutnya berakhir di Langsa, sebelum akhirnya berlayar ke Jakarta," terang Wadan Satgas SBJ tersebut. 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017