Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kesebelasan Kecamatan Kuta Alam tampil sebagai juara antar kecamatan se Kota Banda Aceh yang diberi nama "Liga Gemilang" setelah difinal menundukkan Kecamatan Banda Raya 4-1 (2-0) di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Sabtu (16/12) malam.

Empat gol Kecamatan Kuta Alam diciptakan oleh Reza Fandi menit ke-26 dan 30, Fachrul Ado menit ke-49 dan Adnan Muharram menit ke- 55, sedangkan gol semata wayang Banda Raya dihasilkan oleh Nanda menit ke-68.

Laga final kedua tim tersebut di lapangan yang basah karena hampir sepanjang pertandingan diguyur hujan, berlangsung dalam tempo sedang. Kecamatan Kuta Alam maupun Banda Raya silih berganti melakukan serangan dalam permainan 2 x 45 menit ini.

Kendati serangan silih berganti, tim besutan Saiful Azwar lebih menguasai jalannya permainan dan memiliki banyak serangan berbahaya yang kerap mengancam gawang Banda Raya yang dikawal Zulhadi. Terlebih di menit-menit awal babak pertama.

Suatu serangan cepat di menit awal, berhasil membuahkan gol bagi Kuta Alam yang diciptakan Reza Fandi menit ke-26. Di babak pertama ini Helza dan kawan kawan selalu mengancam gawang Banda Raya, dan kembali Reza menciptakan gol menit ke- 30.

Di babak kedua, para pemain Kuta Alam masih memimpin jalannya permainan, sehingga menambah gol melalui Fachrul Ado menit ke -49 dan Adnan menit ke-55.

Sementara Dani dan kawan kawan yang tertinggal 0-4 tetap berusaha menciptakan gol, barulah menit ke-68 behasil membobol gawang Kuta Alam yang dijaga Azhari. Hingga selesai laga babak kedua, kedudukan tetap 4 - 1 untuk kemenangan tim yang dimanejeri Faisal, STTP ini.

Kuta Alam tampil ke final setelah di semifinal mengalahkan Jaya Baru dan Banda Raya kalahkan Ulee Kareng. Akhirnya juara tiga bersama Jaya Baru dan Ulee Kareng.

Kejuaraan Liga Gemilang ini dimulai 9 Desember 2017 diikuti kesebelasan utusan dari 9 kecamatan yang ada di Banda Aceh. "Pertandingan sistem pool yang dibagi dua pool," jelas Ketua Panitia, Sulaiman Romario.

Sebagai juara, Kuta Alam mendapatkan piala tetap, uang pembinaan Rp15 juta yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, sedangkan juara kedua, Banda Raya mendapat hadiah uang pembinaan Rp10 juta plus tropi.

Juara ketiga bersama Jaya Baru dan Ulee Kareng masing-masing mendapat hadiah Rp5 juta plus piala. Topskor (pencetak gol terbanyak) Septi Heriansyah dari Kuta Alam mendapat hadiah Rp500 ribu plus tropi.

Wali Kota Aminullah Usman yang menutup Liga Gemilang ini memberikan apresiasi suksesnya pelaksanaan even ini. Kejuaraan ini memberikan hiburan kepada masyarakat dan ajang silaturrahmi antar kecamatan.

"Tahun depan kompetisi liga gemilang ini akan dimulai dari setiap kecamatan. Kesebelasan gampong (desa) yang juara di kecamatan, yang akan mewakili kecamatan bermain di Liga Gemilang," katanya.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017