Lhokseumawe, (ANTARA Aceh) - Pelari dari Kabupaten Aceh Besar, Andri Putra, tampil sebagai juara pertama marathon 10 kilometer dalam rangka Hari Jadi ke-16 Kota Lhokseumawe di Lhokseumawe, Minggu.

Selanjutnya, juara kedua diraih Hajani asal Kota Banda Aceh dan juara ketiga diraih oleh Prada Marie Muhammad asal Banda Aceh.

Untuk juara pertama berhak menerima hadiah uang Rp6 juta, kedua Rp5 juta, ketiga Rp4 juta.

Kemudian, harapan pertama Rp3 juta, harapan kedua Rp2,5 juta, harapan ketiga Rp2 juta, harapan keempat Rp1,5 juta dan harapan kelima Rp1 juta.

Selain hadiah uang, masing-masing juara juga memperoleh piala.

Marathon yang diikuti ribuan pelari dari seluruh Aceh itu dilepas oleha Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya di lapangan Hira` dengan mengitari beberapa rute jalan di wilayah tersebut.

Ketua Pelaksana kegiatan Miswar Ibrahim mengatakan, rute yang dilalui adalah Jalan Merdeka depan Lapangan Hiraq, menuju Pantai Ujong Blang melalui Jalan Kenari hingga memutar ke Jalan Darussalam dan kembali lagi ke Lapangan Hira` sebagai finishnya.

Sementara itu, Wali Kota Suaidi Yahya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bukan hanya dalam rangka menyemarakkan hari jadi semata, akan tetapi lebih dari itu adalah untuk menggugah semangat masyarakat agar aktif berolahraga.

Karena, lanjut Suaidi Yahya, lari merupakan olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Apabila dilakukan secara rutin, dapat membakar lemak, menyehatkan paru-paru, menghilangkan stres dan memperlancar sirkulasi darah.

Dengan olahraga lari dapat mencegah penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menjadikan tulang dan persandian menjadi lebih kuat, kata Wali Kota Suadi Yahya.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017