Banda Aceh (ANTARA News Aceh) - Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh bekerja sama dengan Akademi Dakwah Indonesia (ADI) menggelar pelatihan terapi bekam sunnah kepada para calon dai.

Pelatihan dipusatkan di Kompleks Markaz Dewan Dakwah Aceh di Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Rabu. Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini diikuti oleh puluhan peserta.

Ketua Panitia Pelaksana Afrizal Refo mengatakan pihaknya menghadirkan pelatih berpengalaman untuk kegiatan tersebut, yaitu Tgk Syukri. Pelatih tersebut menyampaikan materi seputar teknik bekam yang sunnah dan juga langsung mempraktekkannya.

''Ini sebagai pelatihan tingkat pemula. Selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan tingkat pendalaman sekaligus dengan pelatihan rukyah pada waktu yang akan datang,'' kata Afrizal Refo.

Sementara itu, Tgk Syukri dalam materinya menyampaikan dengan mempelajari dan mengetahui ilmu terapi bekam sunnah tersebut, maka ini akan bermanfaat untuk dirinya.

''Selain itu juga sebagai bekal dakwah ketika bertugas di lapangan. Kapasitas seorang dai, selain paham ilmu agama, juga harus mengetahui dan menguasai ilmu pengobatan alternatif,'' katanya.

Menurut dia, saat berdakwah, kondisi di lapangan bisa tidak menentu dengan jarak yang jauh di pedalaman. Dengan demikian saat ada jamaah atau masyarakat yang sakit, maka dapat diberikan pengobatan dengan terapi bekam sunnah.

''Terapi bekam merupakan pengobatan yang diwariskan Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi saat ini banyak dilupakan oleh umat Islam sendiri. Jadi selain untuk bekal pengetahuan, juga dalam rangka menjalankan sunnah Rasulullah SAW,'' jelas Tgk Syukri.

Sekretaris Dewan Dakwah Aceh Said Azhar memberikan apresiasi dan menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini. Pelatihan seperti itu sangat banyak manfaatnya untuk membantu masyarakat dan siapa saja terutama ketika sakit yang harus segera ditangani.

''Saling membantu sesama manusia walaupun berbeda suku, bangsa dan agama merupakan ajaran Islam. Dari itu kami berharap kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan serius demi kemaslahatan umat. Pelatihan ini juga penting bagi para calon dai yang nantinya juga akan mengabdi kepada masyarakat,'' pungkas Said Azhar.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017