Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Petani kakao di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, dilatih teknik penyambungan samping, untuk meningkatkan produktivitas pada tanaman tua.

Kasi Perlindungan Tanaman dan Pengembangan Lahan pada Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara, Muslim di Lhokseumawe Rabu mengatakan, teknik yang sudah dilakukan sejak 2014 khusus untuk tanaman tua, agar hasilnya kembali maksimal.

Sebutnya, hasil dari teknik penyambungan tersebut, kakao dapat kembali berproduksi hingga sampai 50 persen dari yang telah ada.

Untuk kegiatan teknik sambung samping tersebut sudah dilakukan di di Kecamatan Langkahan dan Kecamatan Nisam Antara.

"Dengan adanya teknik ini, tanaman yang sudah tua dengan kisaran usia 10 hingga 15 tahun dan produksi buahnya telah menurun, maka akan meningkat lagi hingga lebih dari 50 persen," jelas Muslim.

Lanjutnya, teknik penyambungan samping tersebut adalah batang tanaman tua dipangkas dan dipupuk disambung dengan entres dari tanaman muda dan dari bibit unggul sehingga dari cabang tersebut akan tumbuh bunga bakal buah.

"Dengan teknik ini, akan sangat membantu petani dalam meningkatkan produkitivitas kakaonya, sehingga tidak perlu melakukan peremajaan tanaman. Selain memakan waktu yang lama juga membutuhkan biaya yang lebih tinggi," jelas dia.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018