Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Provinsi Aceh mendapat alokasi bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) pada 2018 sebanyak 24,4 ribu ton dengan penerima manfaat sebanyak 379.633 keluarga.

"Saat ini Bulog Aceh sudah mulai mendistribusikan bansos rastra yang telah dialokasikan untuk bulan Januari ke seluruh daerah," kata Kepala Divisi Regional (Kadivre) Bulog Aceh Basirun di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan jika dilihat dari pagu yang diberikan pada 2017, maka terjadi penurunan dari 68,6 ribu ton menjadi 24,4 ribu ton pada 2018.

"Penurunan kuota yang diterima Aceh pada tahun 2018 tidak terlepas dari jatah yang diterima sebelumnya untuk setiap penerima manfaat sebanyak 15 kilogram kini menjadi 10 kilogram. Tapi, beras bansos rastra yang diberikan ini gratis dan tidak perlu ditebus seperti tahun sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan di Aceh termasuk dinas sosial yang ada di 23 kabupaten/kota untuk distribusi beras bansos.

Basirun menambahkan pagu bansos rastra yang akan disalurkan setiap bulannya di Provinsi Aceh tersebut akan berkurang dibanding pagu Januari 2017 sebab ada beberapa kabupaten/kota yang nantinya menyalurkan bantuan pangan nontunai (BPNT).

Salah satu daerah yang pada Februari tidak menyalurkan lagi bansos rastra beralih menjadi BPNT adalah Banda Aceh dengan para penerima manfaat rastra akan beralih kepada skema BPNT.

Pewarta: Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018