Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, membuka pendaftaran calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk proses Pemilu 2019 yang dimulai 22-28 Januari 2018.

Sekretaris KIP Kota Lhokseumawe M Rizal di Lhokseumawe, Senin mengatakan, kebutuhan anggota PPS di wilayahnya 204 orang yang tersebar di 68 desa.

"Setiap desa sebanyak tiga orang personil PPS dan untuk kebutuhan desa di seluruh desa dalam wilayah Kota Lhokseumawe adalah 204 personil," ungkap dia.

Lanjutnya, penerimaan PPS pada musim pemilu ini berbeda dengan sebelumnya. Dimana, perekrutannya dilakukan langsung oleh KIP di kantor KIP, sedangkan sebelumnya diusulkan oleh masing-masing kepala desa.

Ia mengatakan, proses perekrutan dan testing kepada calon PPS tersebut dilakukan langsung oleh KIP Kota Lhokseumawe, sedangkan materi tes antara lain, pengetahuan tentang kepemiluan, tugas dan tanggung jawab penyelenggara dan juga tentang berbagai aturan kepemiluan.

Di Kantor KIP Kota Lhokseumawe saat ini banyak warga yang ingin mendaftar sebagai penyelenggara pemilu di tingkat desa. Mereka mengajukan berkas pendaftaran kepada petugas KIP untuk dapat mengikuti proses seleksi sebagai calon anggota PPS.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018