Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menargetkan penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) yang dijatahkan kepada keluarga penerima manfaat di daerah tersebut akan tuntas akhir Januari.

"Kami targetkan penyaluran Bansos Rastra untuk pagu Januari akan tuntas disalurkan ke seluruh gampong/desa dalam kecamatan di Kabupaten Aceh Besar pada akhir bulan ini," kata Kadis Sosial Aceh Besar Jakfar di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya juga sedang melakukan pencocokan data terhadap keluarga penerima manfaat sehingga dalam penyalurannya dapat berjalan maksimal di lapangan.

Jakfar menyebutkan jumlah pagu Bansos Rastra untuk Kabupaten Aceh Besar bulan Januari sebanyak 282,320 kilogram dengan jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 28.232.

Ia mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk pennyaluran Bansos Rastra yang direncanakan dimulai dalam pekan ini ke 604 gampong yang tersebar dalam 23 kecamatan di Aceh Besar.

Jakfar mengatakan setiap keluarga penerima manfaat akan memperoleh sebanyak 10 kilogram yang diberikan secara gratis tanpa adanya harga tebus seperti tahun sebelumnya.

"Bansos Rastra ini diberikan secara cuma-cuma oleh Pemerintah untuk setiap keluarga penerima manfaat dengan jatah 10 kilogram," katanya.

Data Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Bulog Aceh menyebutkan Provinsi Aceh mendapat jatah Bansos Rastra pada tahun 2018 sebanyak 24,4 ribu ton dengan penerima manfaat sebanyak 379.633. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018