Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Kalangan usia muda di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh mendominasi pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan di Kantor Komisi Independen Pemilihan setempat.
Sekretaris Pokja Rekrutmen PPK dan PPS KIP Kabupaten Aceh Utara Dedi Suryadi di Lhokseumawe, Kamis (25/1) malam, mengatakan bahwa sejak dibuka penerimaan anggota PPK sebagai penyelenggara pemilu di kecamatan dalam wilayah Aceh Utara, antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti seleksi PPK cukup tinggi.
Hal itu telihat dari banyaknya kaum muda yang mendatangi Kantor KIP Aceh Utara untuk melihat informasi dan mendaftar menjadi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.
Ia mengemukakan cukup banyak pula di antara mereka yang datang ke Kantor KIP setempat untuk menanyakan informasi tentang penerimaan PPK dan bahkan saat hari pertama dibuka pendaftaran pada 25 Januari, ada yang langsung menjadi pendaftar.
"Umumnya banyak yang masih berusia muda yang datang ke mari, baik untuk melihat informasi dan juga untuk mendaftar," ujar Dedi.
Menurut dia, dengan dominannya kalangan usia muda ingin mengikuti seleksi sebagai penyelenggara pemilihan tingkat kecamatan tersebut, karena tingginya kepedulian pemuda dalam proses demokrasi.
Hal senada disampaikan salah seorang pendaftar bernama Bukhari, warga Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara.
Ia mengaku mendaftar menjadi calon anggota PPK karena ingin melakukan perubahan tentang pandangan terhadap pesta demokrasi menjadi lebih baik dan agar kepercayaan masyarakat terhadap pemilu makin tinggi.
Ia mengatakan pemuda harus terlibat sebagai penyelenggara pemilu, supaya tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilihan lebih tinggi.
Ia mengaku mampu menjalankan tangung jawab sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.
"Pilkada sebelumnya, saya juga menjadi anggota PPK, tidak ada masalah dan berjalan lancar. Ini artinya bahwa pemuda mampu melaksanakan tugas sebagai penyelenggara," katanya.
Pengumuman penerimaan anggota PPK dilakukan pada 22-24 Januari, sedangkan penerimaan berkas pendaftaran mulai 25-31 Januari mendatang.
Kebutuhan tenaga PPK dalam setiap kecamatannya tiga orang, sehingga secara keseluruhan 81 orang untuk 27 kecamatan di kabupaten itu.
Batas minimal usia pendaftar calon anggota PPK sekarang 17 tahun, sedangkan pemilihan sebelumnya 21 tahun.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018