Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Banda Aceh mulai menjaring bakal calon legislatif (caleg) yang akan diusung pada Pemilu 2019.

Anggota Tim Seleksi Caleg Partai Demokrat Kota Banda Aceh AK Jailani di Banda Aceh, Rabu mengatakan, penjaringan diawali dengan seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan tes wawancara bakal caleg.

"Aceh 20 kader Partai Demokrat yang mendaftar dan melengkapi berkas pencalonan, Dan sejak 6 Februari kemarin, mereka mengikuti tes wawancara," kata AK Jailani.

DPC Partai Demokrat menyiapkan lima calon legislatif untuk setiap daerah pemilihan di Kota Banda Aceh. Di ibu kota Provinsi Aceh memiliki lima daerah pemilihan.

Untuk proses penjaringan bakal caleg, DPC Partai Demokrat Kota Banda Aceh menyiapkan tujuh tim seleksi khusus yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing.

Tes wawancara, kata AK Jailani, dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bakal caleg. Termasuk melihat kepribadian bakal calon anggota DPRK Banda Aceh tersebut.

Selain tes wawancara, kata dia, tim seleksi juga akan melihat dan mencari rekam jejak masing-masing bakal calon legislator tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa bakal calon yang diusung tidak mempunyai masalah di masa lalu.

"Mereka juga akan menjalani tes kemampuan kepemimpinan, dan lainnya. Rangkaian tes di internal partai ini dilakukan agar bakal calon yang akan diusung benar-benar memiliki kapasitas sebagai anggota legislatif," kata AK Jailani.

Pewarta: Haris SA

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018