Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali meminta masyarakat menjaga dan memanfaatkan secara optimal embung di sekitarnya sebagai salah satu sumber air bersih bagi kehidupan sehari-hari.

"Saya minta kepada mayarakat agar memanfaatkan keberadaan embung tersebut secara maksimal," kata Mawardi di sela-sela meninjau Embung Lambadeuk, Kecamatan Peukan Bada di Aceh Besar, Rabu (7/2).

Ia menjelaskan embung tersebut selain digunakan sebagai sumber air bersih oleh PDAM Tirta Mountala juga untuk mengairi sawah masyarakat di daerah sekitar.

Ia mengakui bahwa kehadiran embung tersebut belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, seperti sanitasi dan air minum, sehingga kehadirannya perlu dioptimalkan pada masa mendatang.

"Pemanfaatan embung ini juga sebagai salah satu usulan masyarakat sekitar sehingga harus dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai penyediaan air irigasi persawahan," katanya.

Dalam peninjauan Embung Lambadeuk tersebut, turut mendampingi Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, antara lain Wakil Bupati Aceh Tgk H. Husaini A Wahab dan sejumlah pejabat di daerah setempat.

Ia menjelaskan selain keberadaan embung di Kecamatan Peukan Bada, tanggul laut di bantaran Pantai Gampong Lamtengoh juga menjadi perhatian karena sudah banyak yang rusak sehingga air laut pasang sampai ke pemukiman warga.

"Camat setempat dapat melaporkan kepada kami perkembangan dan kebutuhan sehingga tanggul itu dapat diperbaiki," katanya.

Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar melakukan temu ramah dengan masyarakat Peukan Bada di sela-sela peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam pertemuan tersebut, mereka juga menerima sejumlah usulan dari berbagai elemen masyarakat untuk program pembangunan di kecamatan setempat.

"Kita tampung dulu dan akan dimasukkan ke RPJM kabupaten serta DID Aceh Besar dan semua usulannya tidak dapat dikerjakan dalam tahun ini semua, akan dilaksanakan secara bertahap," kata Mawardi.

Pewarta: Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018