Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Panitia penjaringan bakal calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menyerahkan berkas yang dinyatakan lulus dari verifikasi dan penilaian berkas kepada Rektor Prof Farid Wajdi Ibrahim.

Penyerahan penyerahan berkas tersebut langsung oleh Ketua tim, Dr Abdul Jallil Salam bersama sepuluh anggota lainnya kepada Rektor di gedung Rektorat Darussalam Banda Aceh, Selasa.

"Panitia telah melakukan beberapa proses sejak ditunjuk untuk menjadi panitia penjaringan, antara lain sejak 22 Januari telah mengeluarkan pengumuman dan sosialisasi, membuka pendaftaran 24 Januari - 5 Februari, dan 6-9 Februari melakukan verifikasi, klarifikasi dan penilaian administratif," kata Juru Bicara Panitia Penjariangan Rektor UIN Ar-Raniry, Jamhuri.

Ia menjelaskan setelah dilakukan penetapan dan pengumuman hasil, dan pada hari ini 13 Februari panitia menyerahkan berkas tersebut kepada rektor, dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan tepat waktu.

Menurut dia sejak dibukanya pendaftaran, ada enam orang yang mendaftar yakni Prof Misri A. Muchsin, Prof. Jamaluddin, Prof. Syahrizal Abbas, Prof Farid Wajdi Ibrahim, Prof Warul Walidin dan Prof Syamsul Rijal.

Dari enam bakal calon tersebut, yang memenuhi syarat hanya lima orang saja, satu di antiaranya gugur yakni Prof Jamaluddin karena tidak memenuhi syarat.

"Kita tetap berpegang pada peraturan menteri, sehingga pada hari ini kita menyerahkan berkas kepada Rektor hanya lima orang calon yang memenuhi syarat, selanjutnya, dari sisi kepanitiaan telah selesai, dan rektor akan menyerahkan berkas tersebut kepada pimpinan Senat Universitas yang kemudian menjadi kewenangan dari anggota senat universitas," katanya.

Jamhuri mengatakan berkas tersebut dari senat akan diserahkan kepada tim tujuh, dimana tim tersebut yang melibatkan pihak Kementerian Agama RI, dari lima bakal calon tersebut akan ditetapkan menjadi tiga orang calon, untuk diserahkan kepada Menteri Agama RI dan kemudian Menteri Agama yang akan menetapkan siapa siapa yang akan menjadi Rektor UIN Ar-Raniry.

Pewarta: Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018