Nagan Raya (Antaranews Aceh) - Jajaran TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/ Nagan Raya, Provinsi Aceh melakukan panen perdana di Desa Kuala Tuha dan Desa Cot Rambong terhadap lahan cetak sawah baru 2017.

Dandim 0116/ Nagan Raya, Letkol Kav Mochamad Wahyudi, di Nagan Raya, Senin, mengatakan, pada panen raya itu dengan luas hasil produktivitas 6,5 ton/hektare dan merupakan hasil dari upaya dan terobosan TNI bersama pemerintah dalam program perluasan sawah.

"Panen perdana yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu langkah awal sekaligus menggairahkan semangat para petani untuk terus meningkatkan hasil pertanian tanaman padi dalam upaya mewujudkan swasembada pangan nasional," katanya.

Pelaksanaan perluasan sawah baru di desa setempat seluas 12,13 hektare yang dilaksanakan pada September 2017 dan panen tersebut merupakan hasil dari upaya dan kerja keras TNI bersama pemda untuk kemakmuran petani.

Dandim Letkol Kav Moch Wahyudi, menuturkan, melalui program cetak sawah baru yang telah dilaksanakan, maka akan adanya pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan sawah yang turut mengimbangi kebutuhan produksi lokal dan produktivitas padi nasional.

Selain itu, jajaran TNI bersama unsur forkopimda dan muspika bersama petani juga melakukan panen perdana di lahan sawah hasil program cetak sawah baru di Desa Cot Rambong seluas 10,67 hektare dengan produktivitas 6,5 ton/hektare.

"Perluasan sawah baru ini dilaksanakan pada September tahun lalu, kini telah membuahkan hasil. Ini merupakan salah satu upaya dari TNI bekerja sama dengan pemerintah meningkatkan produksi padi nasional,"katanya.

Jajaran TNI AD bersama Pemda, BPS dan petani melakukan panen perdana di lahan hasil cetak sawah baru di Desa Kuala Tuha, Kabupaten Nagan Raya, Senin, (19/2/2018) (Antara Aceh/Anwar) 

Sebelum dilakukan panen, petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pengambilan sampel pada beberapa titik, sesuai rumus digunakan didapati hasil produktivitas pada lahan yang baru dibuka itu rata-rata 6,5 ton/hektare.

Hasil yang keluar dari area sawah setempat sangat baik, TNI Kodim 0116/ Nagan Raya bersama Pemkab Nagan Raya akan terus bekerja untuk meningkatkan hasil pencapaian produktivitas tanaman padi sehingga terpenuhinya pangan lokal dan nasional.

Kegiatan panen perdana tersebut dipimpin oleh Dandim Wahyudi, bersama jajaran dan petani turun ke lahan sawah untuk memotong tanaman padi varietas ciherang yang sudah menguning dengan cara manual pada area seluas 1,5 hektare.

Panen perdana ini turut hadir Pasiter Kodim 0116 Kapten Arm Ainu Rochman, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya bersama jajarannya, Kabid Badan Pusat Statistik (BPS) Nagan Raya, Farida Husnah.

Kemudian juga Babinsa dari Danposramil Kuala Pesisir, Serma Suwandi, Keucik/Kepala Desa Gampong Kuala Tuha, Hamdan dan anggota kelompok tani Fajar Harapan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018