Singkil (Antaranews Aceh) - PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup melakukan reboisasi menanam kembali 12 ribu bibit bakau di kawasan pesisir Singkil Lamo, Kabupaten Aceh Singkil.

Commite Development Officer (CDO) PT PLB, Hadi Sukoco kepada wartawan di Singkil, Kamis mengatakan, penanaman bibit bakau yang kerjasama dengan instansi terkait dan kelompok tani ini salah satu program peduli dalam rangka HUT ke-30 PT Astra Agro Lestari Tbk.

"Penanaman bakau dilakukan secara serentak seluruh Indonesia sebanyak 30 ribu pohon sejak awal Januari 2018 dan ditargetkan sampai bulan Oktober 2018," kata Hadi.

Pihak Astra Group, kata Hadi, melibatkan petugas Astra dari Perwakilan Aceh bagian teknis Konservasi dari Jakarta, Gilang R dan Perwakilan Banda Aceh, Asep guna memaksimalkan program penanaman tersebut.

Proses penanaman tahap kedua ini, langsung dihadiri pimpinan Administratur PT Lembah Bhakti Aceh Singkil, Prihadi yang sumber dananya khusus dari PT Astra Agro Lestari guna peningkatan reboisasi wilayah pesisir dan memeriahkan HUT ke-30 peduli lingkungan.

"PT Astra Agro Lestari juga melakukan program sunatan massal di daerah ring perusahaan dan pelatihan terhadap guru," ujarnya.

Pj Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Singkil, Nazri sangat mengapresiasi program Astra Agro Lestari bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dan melibatkan sejumlah elemen masyarakat atau kelompok tani.

"Program ini sangat positif sekali, mempunyai nilai sosial yang tinggi, di sisi peduli lingkungan, juga menyokong perekonomian masyarakat seperti padat karya," ujar Nazri.

Nazri berharap, program ini dapat menjadi contoh yang baik, dimana perusahaan perkebunan internasional elit menghimpun nilai padat karya tanpa pandang bulu yang semoga berkelanjutan ditahun-tahun kedepannya.

Singkil Lamo yang berarti pemukiman lama masyarakat Singkil dahulu berada di pantai tengah. Tim penanam bakau menuju Singkil Lamo menggunakan transportasi perahu nelayan jarak waktu dari Desa Kilangan, Kecamatan Singkil menuju Singkil Lamo.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018