Meulaboh (Antaranews Aceh) - Jajaran TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/ Nagan Raya, Provinsi Aceh membantu pemerintah dengan mendirikan posko serapan gabah (sergab) petani guna mempercepat terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Dandim 0116/ Nagan Raya, Letkol Kav Moch Wahyudi, di Nagan Raya, Selasa, menuturkan, jajarannya telah diintruksikan untuk terus memacu serap gabah petani dengan mendirikan posko sergap pada setiap wilayah sentra produksi tanaman padi.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membantu meningkatkan pencapaian target sergab di wilayah Kabupaten Nagan Raya dengan mengerahkan Babinsa untuk mendirikan posko sergab di wilayah desa binaan masing-masing," katanya.

Hal itu disampaikan, Dandim Wahyudi, saat melakukan peninjauan panen padi di Gampong/ Desa Alue Ie Mameh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, di mana petani kawasan setempat tengah melakukan pemanenan pada area seluas 1 hektare.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0116 bersama Danposramlil Suka Makmu, Serma Sutrisno, melihat langsung proses panen padi petani setempat dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) berupa mesin Combine Harveste jenis Kubota DC - 70.

Alsintan bantuan pemerintah tersebut, saat ini paling banyak digunakan oleh petani untuk proses pemanenan padi sawah untuk efektivitas durasi kerja serta hasilnya pun lebih maksimal, mulai dari merontokkan hingga pembersihan gabah sambil berjalan.

Letkol Kav Moch Wahyudi, menuturkan, kegiatan mereka merupakan implementasi dari himbauan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu, yang meminta Babinsa, kepala desa dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) ikut membantu.

Upaya tersebut lanjut dia, untuk membantu pemerintah dalam program serap gabah, melalui upaya demikian para petugas lapangan tersebut, penyerapan gabah hasil panen petani akan dapat lebih maksimal, disamping itu juga terus dipantau perkembangannya.

"Serapan Gabah ini harus kita pacu untuk memenuhi target pemenuhan beras Perum Bulog. Hal ini menindak lanjuti kerjasama antara TNI-AD, Dinas Pertanian dan Bulog dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional," demikian Dandim 0116/Nara.
 
Dandim 0116/ Nagan Raya bersama petani usai panen padi dengan Alsintan, (Selasa, 20/3/2018) (Antara Aceh/Anwar)


Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) se Kodim 0103 Aceh Utara menerima sosialisasi tentang Sergab yang dilakukan oleh Bulog Sub Divre Lhokseumawe.

Kegiatan yang dilakukan di Gudang Bulog Dub Divre Lhokseumawe tersebut, bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada Babinsa.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Kqv Fadjar W Broto yang diwakili oleh Kasdim 0103/Aceh Utara Mayor Czi Indra Puji Triwanto, mengatakan, Sergab bertujuan untuk memenuhi stok beras pada Bulog.

Sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam atau gagal panen dan lain sebagainya, maka persoalan pangan dapat teratasi.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018